Denpasar (ANTARA) - Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan pujian dan apresiasi dari delegasi VVIP G20 yang dikatakan kepadanya saat mengantar kepulangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

"Yang paling saya ingat itu hampir semua, katanya Bali ini luar biasa, budaya Bali unik, masyarakat Bali sangat ramah, atmosfer Bali kuat sekali, dan melihat Bali sesuatu yang berbeda dengan apa yang ditemui di negara-negara lain ketika menghadiri G20," kata Koster menyampaikan kembali yang dikatakan delegasi di Denpasar, Jumat.

Koster mengatakan para kepala negara G20 itu memberikan penilaian baik terhadap pertemuan itu, mulai dari pencapaiannya yang dinilai sukses, memuji alam dan kebudayaan Pulau Dewata, hingga menu makanan dengan bahan-bahan lokal yang dikatakan memuaskan.

Baca juga: Pengamat: KTT G20 sebaiknya perlu perluas keterlibatan usaha mikro

Bahkan, para kepala negara, kata Koster, menginginkan untuk datang lagi ke Bali bersama keluarganya, mengingat waktu pertemuan yang sangat singkat sehingga tak dapat sepenuhnya menikmati suasana Pulau Dewata.

"Jadi memang dirasakan suasana sangat beda, kedamaiannya sangat muncul sehingga sejumlah kesepakatan dalam Deklarasi Bali juga bisa tercapai dalam waktu singkat. Ada juga yang tanya ini busana apa yang saya pakai, saya jelaskan ini busana khas Bali. Saya tidak pernah pakai jas formal dan itu ternyata dinilai elegan oleh delegasi," ujarnya.

Baca juga: G20 ajang pembuktian Indonesia sebagai tujuan investasi unggulan

Beberapa delegasi VVIP bahkan berpesan agar Bali dijaga dengan baik demi kedamaian yang dapat dirasakan selamanya oleh masyarakat dunia, karena Bali telah dicintai dan ke depan akan semakin banyak pengunjung.

Adapun kepala negara dan pimpinan lembaga internasional yang menyampaikan pujian dan apresiasi terhadap Bali melalui Gubernur Wayan Koster antara lain Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, Presiden Australia Anthony Albanese, kemudian Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi.

Baca juga: Pimpinan DPR apresiasi Pemerintah sukses selenggarakan G20

Selain itu, Koster turut menyebut nama Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Argentina Alberto Ángel Fernández, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri Kanada Justin Pierre James Trudeau, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni dan Putra Mahkota Raja Saudi Arabia Muhammad bin Salman bin Abdulaziz bin Abdul Al-Saud.

Orang nomor satu di Pemprov Bali yang turut mengantar kepulangan delegasi G20 pada 16-17 November 2022 itu menyampaikan terima kasihnya, serta apresiasi yang ia berikan kepada masyarakat yang turut dalam kesuksesan G20.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Bali yang telah berpartisipasi secara langsung dan tidak langsung, mendukung G20. Dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, mari kita rawat secara bersama-sama dengan penuh rasa tanggung jawab, kepercayaan masyarakat dunia terhadap Bali," kata dia kepada media dalam konferensi pers usai G20.

Kata dia, dengan berakhirnya seluruh rangkaian G20 yang berjalan dengan lancar, nyaman, aman, dan sukses, Koster juga mengaturkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas arahan, kebijakan, dan kepercayaan yang diberikan kepada Bali, sebagai tempat penyelenggaraan G20 yang dinilai monumental dan bersejarah.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022