Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic akan menuju semifinal ATP Finals dengan performa dominan setelah melewati Daniil Medvedev dalam pertandingan menegangkan yang menuntut fisik di Turin, Jumat.

Djokovic, yang memastikan tempat di babak empat besar ketika mengalahkan Andrey Rublev, Rabu, mendapat perlawanan keras dari Medvedev tetapi berhasil bertahan memenangi pertandingan dengan 6-3, 6-7(5), 7-6(2) untuk memuncaki Grup Merah pada babak penyisihan dengan catatan sapu bersih 3-0.

"Daniil dan saya telah bertarung beberapa kali sebelumnya, dan saya tahu menjelang pertandingan hari ini bahwa itu akan menjadi pertandingan terakhirnya musim ini dan dia tidak ingin mengakhirinya dengan kekalahan," kata Djokovic seperti disiarkan laman ATP.

"Saya memulai dengan sangat baik. Saya memiliki peluang di set kedua, memiliki beberapa break point tetapi dia bermain sangat baik di poin-poin yang menentukan itu. Dia bermain sangat cepat."

"Secara fisik saya tidak baik di set ketiga, harus berjuang. Itu adalah pertempuran dan itu adalah pertarungan."

Baca juga: Fritz melaju ke semifinal ATP Finals usai tekuk Auger-Aliassime

Mampu menemukan titik energi terakhirnya untuk kembali memimpin pertandingan, pada kedudukan 4-5 Djokovic berhasil dalam servisnya, mengantisipasi dengan baik, dan menempatkan diri dalam posisi yang baik.

"Saya memulai sangat baik di tie-break... Itu tidak mudah, tapi dia adalah pemain yang luar biasa. Saya sangat menghormati dia dan pertarungan yang luar biasa," ujar Djokovic.

Dalam pertemuan yang menuntut fisik itu keduanya melakukan pukulan dengan akurasi dan kekuatan penuh untuk melakukan tarik ulur poin.

Djokovic bermain tanpa kesalahan untuk merebut set pertama, sebelum Medvedev membalas, menyegel set kedua pada set point keempatnya untuk memaksakan set penentuan.

Baca juga: Nadal senang Djokovic peroleh visa Australian Open

Dengan margin poin yang kecil, unggulan ketujuh Djokovic yang akhirnya menang di set penentuan, bangkit dari break saat dia mempertahankan intensitas dan konsistensinya untuk meraih kemenangan level tur ke-40 musim ini setelah tiga jam lima menit.

Petenis berusia 35 tahun itu akan menghadapi Taylor Fritz di semifinal pada Sabtu.

Sementara itu, petenis Yunani Tsitsipas akan menghadapi Rublev untuk berebut slot di semifinal untuk berhadapan dengan Casper Ruud.

Baca juga: Alcaraz jadi petenis peringkat satu dunia ATP akhir tahun termuda

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022