Jakarta (ANTARA) - Daniel Ricciardo disiapkan peran baru sebagai pebalap ketiga Red Bull setelah kehilangan bangkunya di McLaren, demikian bocoran dari penasihat tim Red Bull, Helmut Marko, pada Jumat.

"Ricciardo akan menjadi pebalap ketiga kami," kata Marko kepada Sky Jerman jelang balapan penutup musim Grand Prix Abu Dhabi.

Sang pebalap Australia berusia 33 tahun merelakan bangkunya di McLaren ditempati kompatriot senegara Oscar Piastri, yang telah merampungkan sengketa kontrak dengan tim Alpine.

Pada sesi jumpa pers di Yas Marina, Kamis, Ricciardo mengindikasikan bahwa balapan di Abu Dhabi kemungkinan menjadi penampilan terakhirnya di Formula 1 karena belum mengamankan bangku untuk membalap.

Spekulasi yang beredar menyebut mantan pebalap Red Bull itu akan menjalani peran pebalap cadangan di Mercedes atau tim yang pernah ia bela dulu.

Menyusul kabar dari Marko tersebut, Ricciardo, yang memiliki tujuh dari delapan kemenangan ia raih bersama Red Bull, akan bergabung kembali dengan mantan rekan satu timnya, Max Verstappen serta Sergio Perez di tim milik perusahaan minuman berenergi Austria itu.

Sementara itu, pebalap Formula 2 Liam Lawson akan melanjutkan perannya sebagai pebalap cadangan untuk Red Bull dan tim junior AlphaTauri pada tahun depan.

Ricciardo membalap untuk Red Bull pada 2014 hingga 2018 sebelum berlabuh ke Renault untuk musim 2019.

Di Sao Paulo akhir pekan lalu, Ricciardo membantah dia telah meneken kontrak dengan Red Bull, setelah juga berbicara dengan Mercedes untuk bangku cadangan tahun depan.

Ia juga membidik "comeback" semusim penuh di F1 pada 2024.

Sedangkan kontrak Verstappen dan Perez di Red Bull akan berakhir pada pengujung 2028 dan 2024.


Baca juga: Ricciardo kemungkinan jadi pebalap cadangan Red Bull atau Mercedes
Baca juga: Ricciardo realistis dirinya tak dapat bangku membalap di F1 2023
Baca juga: Ricciardo tinggalkan McLaren pada akhir musim

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022