Kami berharap apa yang dilakukan Pemprov Kepulauan Babel bisa direplikasi dan dicontoh serta dimanfaatkan oleh masyarakat
Pangkalpinang (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) meresmikan dan menyerahkan kebun percontohan dan pembibitan pangan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung, guna meningkatkan ketahanan pangan di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Kami akan selalu hadir dan membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan hasil pangan masyarakat di daerah ini," kata Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia (Persero) Gusrizal saat peresmian dan serah terima Kebun Percontohan dan Pembibitan kepada Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan PT Pupuk Indonesia (Persero) juga memiliki perkebunan percobaan dan membudidayakan tanaman pangan guna mendorong hasil tanaman pangan masyarakat.

"Kami berharap apa yang dilakukan Pemprov Kepulauan Babel bisa direplikasi dan dicontoh serta dimanfaatkan oleh masyarakat," ujar Gusrizal.

Baca juga: Erick Thohir: Pupuk Indonesia siap dukung ketahanan pangan nasional

Menurut dia, ukuran perkebunan percontohan dan pembibitan di lingkungan Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Babel ini memang tidak terlalu besar, namun demikian hasil tanaman sayur mayur, cabai, dan tanaman pangan lainnya, di kebun itu bisa untuk memenuhi kebutuhan keluarga ataupun dijual ke pasar.

"Kami berharap apa yang dilakukan ini bisa bermanfaat dan kami akan selalu hadir di Babel untuk membantu pemerintah provinsi, kabupaten/kota dalam mengembangkan usaha pertanian masyarakat," kata Gusrizal.

Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin mengucapkan terima kasih kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) yang mendukung kebun pangan ini.

"Selama ini penyumbang terbesar inflasi di Babel adalah pangan khususnya cabai dan bawang merah, serta beras," ujarnya.

Dengan adanya kebun percontohan ini, lanjut dia, dapat menekan inflasi dan juga meningkatkan perekonomian rumah tangga masyarakat. 

Baca juga: Makanan dan tembakau picu inflasi Babel 0,10 persen
Baca juga: Bagi-bagi bibit cabai untuk tekan inflasi di Bangka Belitung

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022