Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia memberi penghargaan atas kontribusi PT Pertamina (Persero) dalam membantu mengatasi penyebaran pandemi dan dampak virus COVID-19 di Indonesia, baik dari sektor kesehatan, sosial, maupun ekonomi.

Pada 17 November 2022 lalu, perseroan meraih penghargaan atas berbagai kegiatan penanggulangan pandemi dalam acara Malam Anugerah Kemanusiaan yang dirangkai dengan Ocean20 (O20) pada momentum Presidensi G20 di Nusa Dua, Bali.

"Penghargaan itu bukan tujuan tapi akan menjadi motivasi bagi Pertamina untuk tetap konsisten dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan mendukung pemerintah dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi bangsa Indonesia," kata Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina Erry Sugiharto dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Acara yang bertajuk Humanitarian Awarding Night tersebut merupakan apresiasi Pemerintah Indonesia kepada berbagai pihak yang membantu dalam penanganan masalah kemanusiaan pandemi COVID-19, termasuk keterlibatan berbagai pihak mulai dari swasta, perseroan, dan BUMN.

Erry mengungkapkan pihaknya telah berkontribusi lebih dari Rp1,5 triliun melalui berbagai aktivitas selama pandemi berlangsung.

Menurutnya, kontribusi yang melibatkan seluruh lini bisnis perusahaan tersebut merupakan bagian dari komitmen perseroan sebagai perusahaan yang menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Pada sektor kesehatan, Pertamina melalui anak usahanya yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan PT Pertamina Bina Medika telah membangun rumah sakit modular di Lapangan Bola Simprug dan menyediakan tujuh rumah sakit untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan penyebaran virus.

Perseroan memberikan bantuan kepada masyarakat mulai dari alat perlindungan diri, masker, sarung tangan, face shield, disinfectan chamber, ventilator, thermo gun, rapid test, wastafel portabel hingga paket makanan dan sembako.

Erry menuturkan berbagai upaya dan kontribusi itu menjadi bukti nyata bahwa Pertamina selalu hadir untuk memberi manfaat dan semangat bagi masyarakat dalam kondisi apapun.

"Dengan semangat recover together dan recover stronger, kita semua berharap dan berdoa kiranya badai pandemi segera berakhir, sehingga dengan kondisi kesehatan yang baik kita akan merasa aman, tenang, dan produktivitas meningkat sejalan dengan pemulihan kondisi perekonomian negara," pungkasnya.

Baca juga: Kilang Pertamina Balikpapan aktifkan COVID Ranger lawan pandemi corona

Baca juga: Tangani COVID-19, anak perusahaan Pertamina bantu Pemkot Tangsel

Baca juga: Pertamina salurkan bantuan senilai Rp2 miliar untuk lawan COVID-19

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022