Hal ini menunjukkan  pengelolaan arsip Bank DKI dilaksanakan secara tertib, dan profesional
Jakarta (ANTARA) - Bank DKI meraih predikat sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan pengelolaan arsip sangat baik berdasarkan  hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2022 yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta.

Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy mengatakan predikat sangat baik hasil dari penilaian  Dispusip DKI Jakarta tersebut diserahkan melalui Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali.

"Hal ini menunjukkan  pengelolaan arsip Bank DKI dilaksanakan secara tertib dan profesional sebagai wujud penerapan tata kelola perusahaan yang baik," ucap Fidri dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Menurut Fidri, penghargaan ini didapat dari hasil penyelenggaraan kearsipan yang meliputi aspek penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip, penyusunan arsip, SDM kearsipan, dan sarana prasarana kearsipan, sehingga menempatkan Bank Pembangunan Daerah (BPD) milik DKI Jakarta ini pada kategori sangat baik.

"Ada sejumlah langkah yang telah dilakukan Bank DKI dalam pengelolaan arsip, seperti melakukan alih media dokumen fisik ke dalam bentuk digital, serta menyiapkan tempat khusus untuk penyimpanan dokumen arsip. Selain itu, secara berkala Bank DKI juga melakukan sosialisasi kepada satuan kerja dalam hal pengelolaan arsip sebelum dikirim ke tempat penyimpanan akhir arsip," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi dalam keterangan yang sama menambahkan bahwa pentingnya pengelolaan arsip menjadi salah satu upaya Bank DKI dalam penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau  good corporate governance (GCG).

"Dokumen penting dalam administrasi perbankan dari berbagai satuan kerja di Bank DKI, dijaga dengan standar keamanan yang mumpuni pada gudang arsip. Sehingga apabila dibutuhkan, dokumen tersebut masih dapat diakses dengan mudah," tuturnya.

Lebih lanjut, Arie menyampaikan Bank DKI terus berkomitmen melakukan penyelenggaraan sesuai kaidah kearsipan dari hulu ke hilir, serta meningkatkan upaya alih media untuk arsip fisik agar mudah diakses.

"Kami secara berkala melakukan sosialisasi kepada satuan kerja di Bank DKI, terutama Kantor Cabang melalui program 'Bersinar', yakni bersih, indah, nyaman, aman, dan rapi sebagai bentuk meningkatkan pentingnya kesadaran akan arsip," ucapnya.

Diketahui, penghargaan yang diberikan kepada Bank DKI oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai BUMD berdasarkan hasil pengawasan kearsipan tahun 2022 berkategori 'Sangat Baik' dalam acara Gerakan Sadar Tertib Arsip (GSTA) dan Pemberian Apresiasi Kearsipan Tahun 2022 DKI Jakarta pada Kamis (17/11), menambah rangkaian penghargaan yang diterima BPD milik DKI Jakarta itu.

Di mana sepanjang tahun 2022, Bank DKI telah menerima sebanyak 25 penghargaan, seperti meraih penghargaan CNBC Awards 2022 sebagai The Strongest Big Regional Bank by Capital; TOP BUMD Awards 2022; Indonesia Best BPD Awards 2022; serta dinobatkan sebagai peringkat 15 dari 20 bank terbaik versi majalah Forbes Indonesia.

Tidak hanya itu, Fidri Arnaldy selaku Direktur Utama Bank DKI dinobatkan dalam TOP 29/100 CEO oleh Majalah Infobank.

Tidak hanya penghargaan, Bank DKI juga telah mendapatkan sejumlah sertifikasi penting yakni Sertifikasi SNI ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan yang diterbitkan oleh TUV Nord Indonesia (Badan Sertifikasi Internasional Asal Jerman yang diakui oleh Komite Akreditasi Nasional) dan Sertifikasi ISO 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi Pada Layanan SuperApps JakOne Mobile yang diterbitkan oleh TUV Rheinland Indonesia.
Baca juga: Bank DKI torehkan kinerja positif hasil adaptasi selama pandemi
Baca juga: Bank DKI catatkan kinerja positif hingga kuartal ketiga 2022
Baca juga: Sistem bayar digital RSUD Cengkareng guna permudah pasien

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022