Ambon (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina menawari sejumlah atlet renang berprestasi di Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV menjadi prajurit TNI Angkatan Laut (AL).

Danlantamal Said, di Ambon, Sabtu mengaku tertarik dengan penampilan sejumlah atlet muda yang unjuk kemampuan saat tampil di kolam renang Tirto Sagoro 11 milik Lantamal Ambon.

Bahkan saat menyaksikan nomor 100 meter gaya bebas putra bersama Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun, Danlantamal langsung memanggil perenang asal Maluku Tenggara Harland Rumangun yang meraih medali emas untuk berdialog.

Melihat postur tubuh siswa kelas 1 SMA asal Ohoi (desa) Ibra, Kecamatan Kei Kecil, Maluku Tenggara tergolong tinggi dan tegap, Said langsung menawari Harland untuk menjadi anggota TNI AL setelah menamatkan pendidikan SMA.

Baca juga: Marciano Norman harap POPMAL lahirkan atlet unggul dari Maluku

"Kalau jadi prajurit TNI AL, latihan renang di bawah pengawasan dan pembinaan oleh pelatih dan dapat dilakukan secara kontinyu. Selanjutnya bisa menjadi atlet handal dan berkualitas untuk mewakili Maluku di berbagai event renang di masa mendatang," kata Said.

Said menjamin para atlet berprestasi di berbagai cabang olahraga akan mendapatkan perhatian dan prioritas jika mendaftarkan diri menjadi prajurit TNI AL.

Dia juga mengapresiasi perkembangan olahraga renang di Maluku sekaligus bersedia menyediakan kolam renang Tirto Sagoro 1 di kompleks Mako Lantamal Ambon menjadi lokasi latihan atlet di bawah asuhan Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) secara rutin.

Cabang olahraga renang POPMAL IV mempertandingkan dua jenis lomba yakni renang kolam yang melombakan empat nomor yakni gaya bebas 50 meter putra-putri serta gaya bebas 100m putra-putri, serta dua 2 nomor Open Water Swimming (OWS) yang dipertandingkan di Teluk Dalam Ambon, Minggu (20/11).

Pada empat nomor kolam, kontingen Kabupaten Maluku Tenggara menunjukkan ketangguhan dengan menyapu bersih empat medali emas yang diperebutkan.

Medali emas Maluku Tenggara disumbangkan oleh Agata Elmas dari nomor 50 meter gaya bebas putri, Katerina Alatubir di nomor 100m gaya bebas putri, Sedangkan perenang putra Maluku Tenggara Herland Rumangun merebut emas nomor 50m dan 100m gaya bebas putra.

Selain empat emas, kontingen Maluku Tenggara juga mengoleksi dua medali perak dan satu perunggu, sedangkan tuan rumah Kota Ambon harus puas dengan dua medali perak dan tiga perunggu.

Baca juga: 1.500 personil gabungan siap amankan Popmal Maluku

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022