Jakarta (ANTARA) - Dalam empat Piala Dunia terakhir atau selama 17 tahun, turnamen sepak bola akbar ini senantiasa diselimuti pertanyaan yang itu-itu saja, yakni apakah Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo yang akhirnya mengangkat trofi juara dunia?

Pertanyaan tersebut tak pernah terjawab karena kedua pemain itu juga berulang kali gagal.

Tetapi itu tak membuat orang-orang berhenti mengajukan pertanyaan itu. Kini pun dalam Piala Dunia 2022 di Qatar yang segera dibuka Minggu tanggal 20 November ini, pertanyaan sama kembali dilontarkan.

Kali ini pertanyaan tersebut terasa istimewa mengingat kedua pemain tengah dalam senja kala karirnya.

Messi berusia 35 tahun, sedangkan Ronaldo lebih tua lagi, 37 tahun.

Messi sudah menyatakan Qatar adalah Piala Dunia terakhirnya. Sebaliknya, Ronaldo belum berbicara apa-apa soal gantung sepatu.

Mungkin setelah mengangkat trofi Piala Dunia, mereka baru serius meninggalkan sepak bola profesional.

Yang jelas, sekalipun bintang-bintang sepak bola terus bermunculan, belum ada yang menyamai prestasi kedua superstar ini, termasuk tingkat konsistensi mereka.

Kedua ikon itu telah mendefinisikan lagi lanskap olahraga terpopuler di jagat raya ini.

Mereka berdua total sudah mencetak 1.600 gol, merengkuh 12 dari 14 Ballon d’Or dan berbagi 50 trofi turnamen besar baik tingkat klub maupun tingkat tim nasional.

Konsistensi mereka yang begitu lama nyaris tak bisa disaingi siapa pun, meski talenta-talenta hebat terus bermunculan setelah mereka, dari Neymar sampai Kylian Mbappe, dari Sadio Mane sampai Erling Haaland.

Tetap saja, rivalitas antara Messi dan Ronaldo selalu menjadi warna dominan, sekalipun belakangan ini yang terakhir disebut memperlihatkan performa terburuk sepanjang karirnya.

Rivalitas mereka bagaikan persaingan nyaris abadi antara Roger Federer dan Rafael Nadal dalam tenis di tengah terus munculnya talenta muda hingga yang terkini seperti Carlos Alcaraz, Stefanos Tsisipas, Casper Ruud, atau Daniil Medvedev. Federer belum lama ini pensiun dari tenis.

Mungkin juga bakat-bakat besar sepak bola mesti menunggu Ronaldo dan Messi pensiun agar bisa menjadi ikon-ikon lapangan hijau seperti kedua superstar itu.

Namun tak dipungkiri lagi baik Messi maupun Ronaldo sangat ingin menutup tirai karir mereka dengan merangkul trofi Piala Dunia.


Baca juga: Ronaldo dan Messi susul menyusul cetak rekor
Baca juga: Messi, Ronaldo, GOAT dan Piala Dunia 2022



Selanjutnya: Maradona acuan Messi

Copyright © ANTARA 2022