Kejadiannya beberapa jam lalu, sangat cepat
Bintan, Kepri (ANTARA) - Angin kencang menyapu sejumlah ruangan sekolah dan lima rumah warga di Pulau Telang, Desa Mantang Besar, Kecamatan Mantang, Kabupaten Bintan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Riau Muhammad Hasbi.

"Kejadiannya beberapa jam lalu, sangat cepat," katanya di Tanjungpinang, Ahad.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BKG) mencatat kecepatan angin mencapai 30 km/jam. Angin kencang terjadi saat hujan deras mengguyur Bintan dan sekitarnya.

Angin kencang merusak atap dan plafon lima rumah milik Abdul Rasis, Mardianto, Tamrin, Ruslan dan Siti Zaharah. Rumah tersebut berada di tiga lokasi di Pulau Telang. Abdul Rasis, Mardianto dan Tamrin masing-masing memiliki dua anggota keluarga, sedangkan Ruslan tiga anggota keluarga. Siti Zaharah tinggal seorang diri di rumahnya.

Enam orang korban terpaksa mengungsi karena rumahnya rusak parah.

"Atap rumah dan bagian dalam rumah rusak disapu angin kencang," katanya.

Ia mengatakan petugas melakukan penilaian terhadap kerusakan dan kerugian para korban. Pemkab Bintan alan memberikan bantuan untuk para korban, termasuk memperbaiki fasilitas sekolah yang rusak.

"Bantuan berupa pemenuhan kebutuhan dasar untuk dasar acuan rencana selanjutnya," kata Muhammad Hasbi.

Sebelumnya, prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang Rizqi Nur Fitriani minta warga pesisir di Pulau Bintan (Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan) mewaspadai angin puting beliung.

"Potensi puting beliung tetap ada, namun untuk menentukan kapan kejadiannya masih sulit karena durasi fenomena yg cukup singkat," katanya.

Menurut dia, angin kencang selama musim angin utara kerap terjadi. Hujan dengan intensiras sedang dan tinggi yang disertai angin kencang dan petir berasal dari awan comulonimbus.

Warga pesisir juga sebaiknya mewaspadai gelombang laut tinggi saat cuaca buruk. Ketinggian gelombang akibat angin kencang yang dipengaruhi oleh adanya pertumbuhan awan comulonimbus di sekitar wilayah tersebut.

"Kondisi cuaca saat ini umumnya berawan hingga hujan sedang pada pagi dan dini hari, dan berpotensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang pada malam hari. Kondisi ini diprakirakan terjadi hingga lusa," demikian Rizqi Nur Fitriani .

Baca juga: BPBD Bintan minta warga waspada potensi angin kencang

Baca juga: Angin Puting Beliung Sapu Puluhan Rumah di Bintan


Baca juga: Nelayan Bintan tak bisa melaut akibat gelombang tinggi

Baca juga: Cuaca panas picu karhutla di Natuna dan Bintan

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022