Kupang (ANTARA) - Gempa Bumi magnitudo 5.5 menguncang Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Minggu (20/11) pukul 21.49 Wita atau waktu setempat.

Pantauan ANTARA, sejumlah warga di Kecamatan Alak, Kota Kupang berhamburan keluar dari rumah berusaha berlindung mengingat guncangan gempanya terasa cukup besar.

Baca juga: Masyarakat Pulau Lembata bagian utara diimbau segera mengungsi

“Besar sekali tadi. Saya lagi nonton acara pembukaan Piala Dunia, tiba-tiba rasa seperti ada yang bergoyang langsung keluar rumah saya,” kata Abdul warga di Kelurahan Penkase Oeleta, Kecamatan Alak.

Beberapa warga juga mengaku baru merasakan gempa dengan kekuatan yang lumayan besar. Pasalnya guncangannya terbilang cukup lama sekitar 3-4 detik.

Baca juga: Gempa 4,9 SR guncang Kota Kupang

Abdul dan beberapa warga juga mengaku tak ingin masuk kembali ke dalam rumah dulu karena khawatir akan ada gempa susulan dengan kekuatan yang lebih besar.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang Margiono mengatakan, gempa terjadi pada pukul 21.49 Wita.

Baca juga: Gempa 4,9 SR guncang Kupang

Lokasi gempa bumi terletak pada 10,57 derajat lintang selatan dan 123,86 derajat bujur timur. Pusat gempa bumi berada pada 51 kilometer arah tenggara, Kota Kupang, dengan kedalaman 49 kilometer.

Namun dia mengimbau warga tidak panik, karena gempa ini tidak berpotensi tsunami. Pihaknya terus memantau perkembangan soal gempa itu.

“Sampai saat ini tidak ada laporan soal kerusakan bangunan atau rumah warga,” tambah dia.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022