Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto berharap Muhammadiyah di bawah kepemimpinan Haedar Nashir, terus berperan memajukan umat dan bangsa Indonesia.

Dia menyampaikan selamat atas terpilihnya Haedar Nashir sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Abdul Mu’ti sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2022-2027 melalui Muktamar Ke-48 Muhammadiyah.  

“Semoga keduanya dapat memimpin dan membawa gerak organisasi Muhammadiyah sebagaimana harapan warga Muhammadiyah sesuai tema Muktamar ini yaitu ‘Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta’,” kata Yandri dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurut dia, kiprah dan pengabdian Haedar Nashir di Muhammadiyah tidak perlu diragukan karena sudah lama berorganisasi di Muhammadiyah.

Dia mengatakan Haedar sebelum terpilih menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2015-2020, pernah menjadi Wakil Ketua dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah.

“Haedar Nashir juga pernah menjadi Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah sebelum aktif di PP Muhammadiyah,” ujarnya.

Yandri mengatakan bangsa Indonesia akan menghadapi tantangan dan permasalahan kehidupan yang semakin kompleks seiring dengan perkembangan zaman.

Dia menilai Muhammadiyah akan menghadapi tantangan yang semakin kompleks tersebut.

“Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir melalui pemikiran dan aktivitasnya harus lebih banyak berbuat membesarkan Muhammadiyah menghadapi tantangan yang semakin kompleks,” katanya.

Mantan Ketua Komisi VIII DPR RI itu menilai selama ini Muhammadiyah telah banyak menghasilkan program keumatan dalam berbagai dimensi kehidupan seperti pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, serta pembinaan keagamaan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Dia menilai semua berdasarkan misi utama dakwah dan tajdid dalam upaya membangun bagi kemajuan umat dan bangsa di atas nilai-nilai Islam yang “rahmatan lil alamin”.

“Visi amar ma’ruf dan tajdid menjadi pegangan warga Muhammadiyah untuk terus berperan memajukan umat dan bangsa. Dengan berpegangan pada visi itu, melalui jaringan dan potensi yang dimilikinya Muhammadiyah bisa memberi kemaslahatan dan memajukan umat bangsa, dan negara,” ujarnya.  

Yandri meyakini Muhammadiyah di bawah Ketua Umum Haedar Nashir akan mengajak seluruh komponen bangsa untuk merawat dan meningkatkan ukhuwah islamiyah dan ukhuwah keindonesiaan.

Menurut dia, dengan kelembutan berkomunikasi, Haedar Nashir bisa berkomunikasi dan berkolaborasi dengan semua pihak.

Baca juga: Wapres ucapkan selamat ke Haedar Nashir selaku Ketum Muhammadiyah

Baca juga: PBNU ucapkan selamat kepada Ketum-Sekum PP Muhammadiyah terpilih

Baca juga: Haedar Nashir ditetapkan Ketum PP Muhammadiyah periode 2022-2027

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022