Jakarta (ANTARA) - Bob Iger kembali ke Walt Disney Co sebagai CEO, sekitar dua tahun setelah dia mundur dari jabatan itu pada awal pandemi COVID-19.

Iger, dilaporkan Reuters, Senin, baru saja masuk masa pensiun tahun lalu. Disney dalam keterangan tertulis mengatakan Bob Iger akan menjadi CEO selama dua tahun ke depan.

"Dewan telah memutuskan bahwa Disney menghadapi periode yang semakin rumit karena transformasi industri. Bob Iger adalah sosok yang unik untuk memimpin perusahaan melewati masa yang sangat penting ini," kata Ketua Dewan di Disney Susan Arnold.

Salah seorang narasumber dari Disney mengatakan penunjukkan Bob Iger sebagai CEO mengejutkan karyawan perusahaan.

Iger mundur dari Disney ketika mereka berkompetisi dengan Netflix untuk memperebutkan pasar layanan pengaliran arus (streaming). Penggantinya, Bob Chapek, menjabat pada Februari 2020.

Chapek memimpin Disney melewati pandemi, namun, investor perusahaan kecewa melihat laporan pendapatan yang menunjukkan mereka merugi karena bisnis streaming, salah satunya Disney+.

Selama kepemimpinan Chapek, Disney juga mengalami konflik internal akibat tuduhan tidak bertindak untuk aturan di Florida yang membatasi diskusi soal orientasi seksual adan identitas gender.

Pada bulan Juni, dewan Disney mengadakan pemungutan suara untuk memperpanjang kontrak Chapek selama tiga tahun.

Baca juga: Bos Disney sumbangkan seluruh gaji untuk lawan corona

Baca juga: Disney bawa Fox layani video online

Baca juga: Star Wars episode VII mulai syuting Mei

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022