Pengambilan obor api dari api abadi Mrapen dilakukan oleh para santri Pondok Pesantren Hidayah Karang Rayung, Grobogan
Jakarta (ANTARA) - Kirab obor Pekan Olahraga dan Seni Antarpesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX telah diberangkatkan dari Grobogan menuju Surakarta, Jawa Tengah, Senin, yang menandai gelaran pesta olahraga dan seni antarpesantren tiga tahunan tersebut.

"Pengambilan obor api dari api abadi Mrapen dilakukan oleh para santri Pondok Pesantren Hidayah Karang Rayung, Grobogan,"kata Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag, Waryono Abdul Ghafur saat dikonfirmasi, di Jakarta, Senin.

Pospenas akan digelar di Kota Surakarta pada 23-27 November 2022. Api obor Pospenas diambilkan dari Api Abadi Mrapen, Grobogan, dan diarak menuju Surakarta, tempat Pospenas digelar. Pawai obor ini akan dilanjutkan dengan Pawai Santri Nusantara.

Kirab obor mengambil titik start dari Api Abadi Mrapen, di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Api yang diambil secara simbolik dari Mrapen ini kemudian dilepas untuk diarak menuju Solo.

Pelepasan api Pospenas ini dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin bersama Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag, Waryono Abdul Ghafur. Setelah dilepas, obor kemudian diterima pelari yang akan membawanya menuju Surakarta.

Dalam kirab ini, obor dibawa oleh dua pelari yang didampingi dua pelari cadangan dan empat pembawa bendera.

Peserta kirab melibatkan antarinstansi seperti Kemenag, Kemenko PMK, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemrov Jawa Tengah, dan masyarakat pondok pesantren.

Rute yang ditempuh menuju Solo akan singgah di dua pondok pesantren, yakni Ponpes Girikesumo Demak dan Pondok Pesantren Al Mas’udiyah, Semarang. Di kedua pesantren tua tersebut, rombongan pawai akan melakukan seremoni untuk memohon doa kepada para kiai agar acara Pospenas IX meraih kesuksesan.

Dari Bandungan, Kabupaten Semarang, rombongan baru melanjutkan perjalanan ke Surakarta keesokan harinya. Menurut rencana, rombongan pawai obor ini akan diterima oleh Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, di Balai Kota Surakarta, Selasa.

Pospenas akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 23 November 2022, di Stadion Manahan, Kota Surakarta. Acara ini mengambil tema Gerak Santri, Bangkit Negeri. Hal ini dikaitkan dengan salah satu tujuan digelarnya acara ini, yaitu memupuk persatuan, persahabatan, dan persaudaraan antarsantri.

"Pergelaran Pospenas ini mengandung unsur ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathoniyah, dan ukhuwah basyariah. Yaitu menjaga kemanusiaan, keislaman, dan keindonesiaan," ujar Waryono.

Ia berharap gelaran Pospenas tahun ini lebih meriah dan menghasilkan bibit-bibit unggul dalam hal olahraga dan seni yang mendukung khazanah keislaman.

"Pospenas akan menjadi momentum bagi santri di seluruh Indonesia untuk show up atau dapat menunjukkan eksistensi dan potensinya di bidang olahraga dan seni,"  demikian Waryono.

Baca juga: Kemenag harap gelaran Pospenas hasilkan calon atlet dan seniman unggul

Baca juga: Menag Fachrul Razi resmi buka Pospenas 2019 Jawa Barat

Baca juga: Menag: Pospenas aktualisasi potensi seni dan olahraga bagi santri

Baca juga: 255 santri Jatim ikuti Pospenas VII Banten

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022