Kota Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Bengkulu menyiapkan dana Rp1 miliar untuk memberikan beasiswa kepada ketua-ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS tingkat sekolah menengah atas dan sekolah sederajat terpilih di wilayahnya guna melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada 2023.

"Kita telah anggarkan di 2023 dan awal tahun proses seleksi, jadi saat penerimaan mahasiswa nanti sudah tahu orang-orangnya dan lulus di perguruan tinggi di mana," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Kota Bengkulu, Senin.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah provinsi memberikan beasiswa pendidikan selama delapan semester kepada ketua OSIS tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah sederajat yang lolos seleksi penerimaan beasiswa dan seleksi masuk ke perguruan tinggi.

"Anggarannya kita kasih langsung. Biaya hidup dan uang kuliah semuanya langsung diberikan sampai tamat dan anggaran sudah kita siapkan Rp1 miliar," katanya.

Menurut data pemerintah daerah, sudah ada 280 lebih ketua OSIS tingkat SMA dan sekolah sederajat yang mendaftar ke Dinas Pendidikan untuk mengikuti seleksi penerimaan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat mengatakan bahwa pemerintah provinsi menjajaki kerja sama dengan perguruan-perguruan tinggi guna mendukung pelaksanaan program beasiswa bagi ketua OSIS.

"Untuk sementara ini baru ada empat perguruan tinggi yang sudah kita lakukan MoU, salah satunya Universitas Indonesia," katanya mengenai nota kesepahaman kerja sama dengan perguruan tinggi terkait pelaksanaan program beasiswa.

Baca juga:
KBRI: 19 pelajar Indonesia dapat beasiswa S1 dari Tunisia
Wapres luncurkan Beasiswa Cendekia BAZNAS di Mesir

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022