Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mencatat puluhan rumah tersebar di sejumlah kecamatan di daerah itu rusak akibat gempa bumi dengan magnitudo 5,6 yang berpusat di Cianjur pada Senin.

Dari sementara yang dirilis BPBD Kabupaten Sukabumi hingga pukul 16.00 WIB tercatat 52 rumah warga rusak dengan kategori berat, sedang, dan ringan.

"Untuk korban jiwa kami belum menerima laporan. Selain merusak puluhan rumah, gempa ini juga merusak sarana ibadah dan sekolah," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Wawan Gondawan di Sukabumi, Senin.

Data sementara kerusakan rumah akibat gempa, di Kecamatan Caringin 28 rumah, Sukaraja (5), Gegerbitung (3), dan Ciambar (1).

Pihaknya juga sudah menerima laporan dari sejumlah kecamatan, seperti Kecamatan Sukabumi dan Kadudampit, tentang sejumlah rumah yang rusak akibat bencana tersebut.

Baca juga: Daop 2 Bandung hentikan sementara perjalanan KA akibat gempa Cianjur

Dia mengatakan hingga pukul 19.00 WIB personel penanggulangan bencana masih melakukan asesmen atau pendataan ke sejumlah lokasi yang diinformasikan terdapat bangunan rusak. Mayoritas bangunan yang rusak pada bagian dinding mulai dari retak-retak hingga ambruk.

"Kami masih siaga antisipasi terjadinya gempa susulan serta membantu mengevakuasi warga yang rumahnya rusak ke tempat yang lebih aman. Dalam operasi kemanusiaan pascagempa kami pun dibantu sejumlah personel dari unsur TNI, Polri, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi dan berbagai komunitas relawan," katanya.

Wawan mengimbau warga untuk selalu waspada dan segera melapor jika ada rumah atau warga di daerahnya yang terdampak gempa agar bisa segera ditanggulangi.

Warga juga diminta untuk tidak mempercayai informasi atau berita yang belum jelas kebenarannya.

Sebelumnya, BMKG merilis gempa dengan magnitudo 5,6 berlokasi di 84 LS,107.05 BT 10 km barat daya Kabupaten Cianjur di kedalaman 10 km pada Senin, pukul 13.21 WIB.

Baca juga: Gubernur Jawa Barat tinjau penanganan dampak gempa di Cianjur
Baca juga: SAR Semarang kirim 20 personel ke lokasi gempa Cianjur
Baca juga: TNI AL kirim tim kesehatan bantu korban gempa Cianjur

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022