Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan hubungan persahabatan Presiden Jokowi dan Presiden UEA Sheikh Mohamed Bin Zayed berdampak baik untuk perdagangan.

"Ini akan berdampak kepada hubungan dagang antara Indonesia dengan UEA," katanya dalam keterangannya yang diterima di Jakarta Senin.

Menurut dia, hubungan baik Presiden Joko Widodo dengan Presiden UEA tersebut membuka jalan penting untuk kerja sama yang lebih dalam antara dua negara.

“Kedua presiden berhubungan baik, hubungan bilateral kedua negara baik, ini Pak Presiden sudah membuka jalan yang sangat penting bagi hubungan dagang Indonesia dengan UEA,” lanjut Zulhas.

Baca juga: Presiden Jokowi bahas tindak lanjut kerja sama investasi UAE

Ia memberi informasi awal bahwa saat ini Kementerian Perdagangan sedang menyusun rencana persetujuan kemitraan ekonomi komprehensif antara Indonesia dan UEA.

“Sekarang masih dibahas di DPR RI, tapi prinsipnya kedua negara sudah sama-sama sepaham ingin menjalin kerja sama lebih erat," ucap Zulhas.

Baca juga: Dampingi Presiden, Mendag sebut peran UEA sangat stratgis bagi RI

Zulhas menyampaikan hal tersebut usai salat magrib di Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta, Jawa Tengah, pada Senin, 21 November 2022. Zulhas sebelumnya menjalankan beberapa agenda kementerian di Solo, antara lain menghadiri Munas Hipmi serta menghadiri penutupan Muktamar Fair dan Muhammadiyah Technology Expo di Solo.

Zulhas menyebutkan warga Solo sangat beruntung karena hubungan baik Presiden Jokowi dan Presiden UEA bisa mendatangkan manfaat bagi umat.

“Warga Solo Raya sangat beruntung hubungan baik Presiden Jokowi dengan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) menghasilkan masjid yang sangat indah dan megah untuk warga Surakarta dan sekitarnya," katanya

Zulhas mengatakan hadirnya Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta merupakan bukti hubungan bilateral Indonesia dan UEA semakin erat dan baik.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022