Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung perhelatan IdeaFest 2022 yang merupakan festival akbar tahunan dengan tujuan menghubungkan sekaligus mempertemukan komunitas kreatif dengan para tokoh kreatif inspiratif berpengaruh.

“Para pelaku industri diajak untuk kembali re:connected, re:introduced, re:established, re:live, dan re:create,” ujarnya Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, Jakarta, Selasa.

Dia mengharapkan IdeaFest 2022 yang bertema “Reality Re:defined” dapat menjadi wadah bagi para komunitas, merek, serta pelaku industri kreatif lainnya, untuk terus mengembangkan karya dan inovasi terbaik mereka.

"Saya sudah terlibat dari tahun pertama IdeaFest, dan saya ingin ke depannya IdeaFest secara strategis bekerja sama dengan Kemenparekraf. Saya ingin kita kolaborasi dengan IdeaFest," ucap Menparekraf. Ia pun berpesan agar protokol kesehatan tetap dijaga. 

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam menyatakan ada sejumlah topik yang dibahas dalam IdeaFest 2022, salah satunya adalah Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif terkait pembiayaan berbasis Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau IP Base Financing.

Baca juga: IdeaFest 2022 hadirkan seniman Jepang Takashi Murakami

"Akan ada beberapa pembicara terkait dengan hal tersebut. Yang lain juga ada beberapa nanti event base program yang akan dilakukan oleh teman-teman dari IdeaFest," kata Neil.

Sementara itu Chief Marketing Officer (CEO) Samara Group Desy Bachir menerangkan IdeaFest 2022 akan berlangsung pada 24 - 27 November di Jakarta Convention Center (JCC).

Ia mengatakan setiap tahun IdeaFest selalu menghadirkan pembicara-pembicara global. Tahun ini. lanjutnya secara khusus menghadirkan Takashi Murakami, seniman kontemporer asal Jepang yang telah berkolaborasi dengan brand fashion high-end, seperti Marc Jacobs dan Louis Vuitton. Kehadiran Murakami diharapkan dapat membangun koneksi secara lokal maupun global.

IdeaFest juga menyajikan proyek Clone X - X Murakami yang juga berkolaborasi dengan RTFKT sebagai MetaHuman IdeaFest 2022. Untuk pertama kalinya, IdeaFest menghadirkan host berupa meta human (manusia virtual) bernama drea dan droid karya Takashi Murakami.

IdeaFest juga menawarkan ratusan sesi talks and conference dengan tema beragam seperti tren NFT, kesenian, gaya hidup sustainable, kuliner, dan musik. Ada lebih dari 180 pembicara seperti Cinta Laura, Maudy Ayunda, Manoj Punjabi, Hamish Daud, Dipha Barus, Iyas Lawrence, Fellexandro Ruby, hingga Afutami.

Baca juga: Kemenparekraf sebut pentingnya kolaborasi untuk selamat dari pandemi

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022