kami langsung mengerahkan 18 personil relawan, satu unit mobil ambulans, serta satu unit mobil logistik dari marka PMI Jakarta Selatan berangkat ke Cianjur
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan menyalurkan bantuan bagi ratusan korban terdampak gempa bumi Cianjur, Jawa Barat berupa bahan pangan, kendaraan mobil, dan tim relawan.

"Senin malam kami langsung mengerahkan 18 personel relawan, satu unit mobil ambulans, serta satu unit mobil logistik dari marka PMI Jakarta Selatan berangkat ke Cianjur," kata Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan Abdul Haris saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Haris mengatakan tim relawan nantinya akan bergabung bersama PMI Kota Cianjur untuk saling berkoordinasi dan membantu di lapangan.

Tim relawan PMI Jakarta Selatan untuk sementara ditugaskan selama enam hari ke depan dan akan diperpanjang menyesuaikan kebutuhan di lapangan.

"Diberangkatkan juga PMI Jakarta Utara untuk bergabung dan nantinya PMI DKI Jakarta akan mengerahkan relawan wilayah lain secara bergantian," tuturnya.

Tak hanya mengerahkan relawan dan unit kendaraan bermobil, PMI Jakarta Selatan juga memberikan bantuan kebutuhan sehari-hari berupa sandang dan pangan.

"Bantuan yang PMI Jaksel berikan berupa 120 selimut, tiga dus masker, dua terpal, lima kilogram beras, empat sekop, 10 pacul, 12 sepatu bot, dan 31 sarden," jelasnya.

Lebih lanjut, bantuan lainnya seperti dua senter besar, tiga senter kecil, 10 topi, 12 jas hujan, dua felbet, satu tandu, 20 kardus mie instan, lima dus minyak goreng, dan 20 kardus air mineral gelas.

Harapan Haris, korban terdampak bencana bisa merasa terbantu dan bisa segera pulih dari bencana yang melanda wilayah Cianjur.

"Saya beserta jajaran lainnya secara sukarela membantu sesama agar bisa segera pulih dari bencana ini," ucap dia.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengonfirmasikan hingga Senin (21/11) malam pukul 21.30 WIB, sebanyak 162 orang meninggal dunia akibat gempa dengan kekuatan 5,6 SR di Kabupaten Cianjur.
Baca juga: DKI kirim bantuan berikut personel bantu tangani dampak gempa Cianjur
Baca juga: Baznas kerahkan tim bantu evakuasi korban gempa di Cianjur
Baca juga: BMKG: Sejarah catat 14 kali gempa merusak terjadi di Cianjur-Sukabumi

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022