Jakarta (ANTARA) - Atlet triatlon Indonesia terus mengasah kemampuan dengan mengikuti berbagai kejuaraan internasional secara mandiri.

Akhir pekan lalu, tiga atlet nasional yakni Inge Prasetyo, Renata Berliana Aditya, dan Ronald Bintang Setiawan menjadi yang terbaik dalam ajang Laguna Phuket Triathlon 2022 di Phuket, Thailand.

"Event tersebut memang rutin diselenggarakan pemerintah Thailand. Mereka tampil di luar program (pelatnas)," ujar Manajer Timnas Triatlon Indonesia Dika Chrisna Irzandi kepada ANTARA via pesan singkat, Selasa.

Baca juga: Atlet nasional Andy Wibowo juara Ironman 70.3 Lombok

"Jadi atlet secara mandiri berangkat ke Thailand dan memang sudah beberapa bulan menetap di sana," kata Dika menambahkan.

Tiga atlet tampil gemilang di Negeri Gajah Putih. Inge sukses menyabet medali emas pada kategori perseorangan 40-44 putri dengan membukukan 3 jam 08,33 menit.

Dia mengalahkan Lucy Richardson (Inggris Raya) yang menempati posisi kedua dengan 3 jam 14,25 menit dan Sally Gentle (Australia) di urutan ketiga dengan 3 jam 47,31 menit.

Sementara Renata berhasil menjadi yang terbaik pada kategori sprint triatlon terbuka putri dengan total catatan waktu 1 jam 10,38 menit.

Baca juga: Jauhari Johan siap jajal SEA Games tahun 2023

Renata mengalahkan Chiara Jessica Egger (Australia) dengan 1 jam 13,49 menit dan atlet tuan rumah Pupitchada Paladaid di posisi ketiga dengan waktu 1 jam 16,33 menit.

Lalu Ronald menjadi yang terbaik di kategori sprint triatlon terbuka putra usai membukukan 57,17 menit menang atas Tanadol Witsarutsin (Thailand) yang finis kedua dengan 57,52 menit dan Romeo Perthuis (Prancis) di posisi ketiga dengan 58,02 menit.

Dika mengungkapkan atlet triatlon Indonesia selanjutnya akan tampil dalam acara yang masuk dalam agenda World Triathlon yakni Asia Triathlon Cup Ipoh 2022 di Ipoh, Malaysia pada 26 November.

"Pekan ini, atlet yang tampil di Malaysia adalah Ronald, Renata, Muhammad Syifa Jagadnata, dan Amila Rashif Yaqin," ujar Dika.

Baca juga: Sandiaga: Perhelatan lomba triatlon di NTB tanda pariwisata era baru

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022