Serang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Banten mengirimkan sekitar 20 personel anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) beserta bantuan lainnya dari Dinas Sosial serta Taruna siaga Bencana (Tagana) untuk membantu korban gempa di wilayah Kabupaten Cianjur.

"Personel dan bantuan lainnya dikirim hari ini ke posko utama di Kabupaten Cianjur. Selanjutnya menunggu komando dari sana," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Banten, Nana Suryana di Serang, Selasa.

Selain puluhan tenaga sukarelawan yang dikirim, kata Nana, BPBD Banten juga mengirimkan sejumlah peralatan diantaranya mobil Komunikasi Satelit, Mobil Box, Mobil Dalmas serta logistik berupa sembako 200 paket, kantong mayat 60 Lembar, tenda pengungsian dua unit dan lampu light tower dua unit

Baca juga: DKI kirim bantuan berikut personel bantu tangani dampak gempa Cianjur

Baca juga: BMKG: Sejarah catat 14 kali gempa merusak terjadi di Cianjur-Sukabumi


Kemudian genset satu unit, meja dua buah, kursi 10 buah, velbed enam unit, Jack Hamer dua unit dan mesin cuting baja satu unit.

"Bantuan yang kami kirimkan ini tentu sesuai arahan dan respon cepat pak gubernur untuk membantu korban gempa di Cianjur," kata Nana.

Ia juga mengajak masyarakat Banten untuk membantu dan mendoakan korban gempa di Cianjur dan sekitarnya agar diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi musibah ini.

"Tentunya uluran tangan kita sangat dibutuhkan untuk meringankan beban mereka," kata Nana.

Gempa 5,6 SR yang terjadi pada Senin (21/11) siang mengakibatkan lebih dari 162 orang di Cianjur meninggal dunia dan ribuan bangunan rusak berat maupun rusak ringan.

Baca juga: TNI AL kirim 400 prajurit Korps Marinir bantu korban gempa Cianjur

Baca juga: Gubernur Jawa Barat iringi pemakaman anak korban gempa Cianjur

 

Pewarta: Mulyana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022