Jakarta (ANTARA) -
Psikolog keluarga dan pernikahan Yulistin Puspaningrum mengatakan orang tua perlu memenuhi kebutuhan anak secara psikologis dan memastikan anak sehat secara fisik dan mental agar tidak menjadi beban orang tuanya.
 
"Orang tua yang ideal perlu menyadari tugasnya sebagai orang tua, di mana selain memenuhi kebutuhan anak dari sisi psikologis, juga perlu memenuhi dari sisi fisik, karena kalau fisik anak sakit tentunya menjadi beban bagi orang tua," katanya dalam keterangan yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.
 
Menurut dia, penting untuk memenuhi hak anak selama hidupnya, terutama hak untuk sehat dan perlu untuk menyadari perannya sebagai orang tua.

Baca juga: Psikolog kenalkan dua jenis apresiasi yang penting bagi anak
 
Hal itu bisa dilakukan sejak anak masih dalam kandungan dengan mengupayakan mencukupi asupan yang bergizi selama kehamilan serta menjaga emosi agar tidak berdampak pada hal yang tidak diinginkan nantinya.
 
"Ketika anak lahir upayakan merawat anak dengan penuh kasih dan upayakan memberi makan anak hasil olahan sendiri karena kalau makanan instan selain ada zat pengawet juga kita tidak tahu proses pengolahannya," kata Yulistin.
 
Selain itu, ia juga mengatakan perlunya menjaga lingkungan yang aman dan sehat untuk anak bertumbuh kembang. Lingkungan yang tidak sehat, katanya, bisa menyebabkan dampak psikologis pada anak seperti menjadi tidak percaya diri karena sering jatuh sakit.

Baca juga: Psikolog: Bentuk karakter anak agar tidak menjadi pelaku bullying
 
Selain itu, lingkungan yang kurang sehat juga bisa mempengaruhi tingkat kecerdasannya karena asupan makanan yang kurang bergizi.
 
"Dampak psikologis jika lingkungan tidak sehat adalah anak jadi lebih mudah jatuh sakit karena daya tahan tubuh lemah, dampaknya anak jadi rewel dan tidak percaya diri karena masalah fisiknya," kata Yulistin.
 
Untuk menjaga anak dari paparan penyakit di sekitar lingkungannya, Yulistin mengatakan orang tua perlu mengajarkan pola hidup bersih pada anak seperti rajin mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas serta berolahraga.

Baca juga: Psikolog ajak orang tua jaga kesehatan mental anak dengan bermain
 
"Biasakan anak untuk cuci tangan setelah bermain atau melakukan aktivitas yang melibatkan tangan, cuci tangan sebelum makan, biasakan anak untuk hidup bersih dan rapih, dan berolahraga," katanya.

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022