Dulu para pejuang kita mengorbankan darah, jiwa raga nya untuk bangsa dan negara. Sekarang kita donor darah bagi kepentingan kemanusiaan di Hari Pahlawan dan Korpri
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) menggelar kegiatan donor darah dalam rangka menyambut Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-51 di ruang serbaguna utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir.

"Pelaksanaan donor darah merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan dan juga HUT Korpri ke-51," kata Wali Kota  Jakarta Pusat Dhany Sukma di Jakarta, Selasa.

Dhany mengimbau  seluruh jajaran di lingkungan Kota Administrasi Jakarta Pusat untuk donor darah.

"Dulu para pejuang kita mengorbankan darah, jiwa raga nya untuk bangsa dan negara. Sekarang kita donor darah bagi kepentingan kemanusiaan di Hari Pahlawan dan Korpri," ungkapnya.

Dhany mengatakan donor darah ini ditujukan bagi pegawai di lingkungan Pemkot  Jakarta Pusat dengan target mengumpulkan 210 kantong darah.

Sebelumnya, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota (Setko) Jakarta Pusat M Fahmi mengatakan kegiatan donor darah ini dilakukan selain dalam rangka peringatan Hari Korpri juga untuk menyiapkan stok darah bagi PMI.

"Donor darah ini sebagai wujud ASN dan masyarakat untuk membantu sesama manusia dalam memenuhi kebutuhan darah bagi PMI," kata M Fahmi di Jakarta, Sabtu (19/11).

Pendaftaran bagi peserta dilaksanakan di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus).

"Pendaftaran peserta dilakukan di Plaza Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, sementara pengambilan darah dilakukan di Ruang Serbaguna Utama," katanya.

Fahmi juga menginstruksikan jajaran Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) untuk mengirimkan ASN, personel Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) maupun Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk mengikuti kegiatan donor darah tersebut.

Donor darah ini dilakukan dalam tiga sesi. Sesi pertama pukul 08.00-09.00 WIB, sesi kedua pukul 09.00-10.00 WIB, dan sesi ketiga pukul 10.00-11.00 WIB.

Bagi yang ingin melakukan donor darah perlu menyiapkan diri dengan istirahat yang cukup serta mengonsumsi sayuran dan minum air putih.

Setelah donor darah disarankan untuk banyak minum air putih, menghindari aktivitas fisik yang berat dan memperbanyak konsumsi makanan kaya zat besi.
Baca juga: PMI Jakbar kirim bantuan tenaga medis ke lokasi gempa Cianjur
Baca juga: PMI se-Jabar dan DKI Jakarta bantu proses pencarian korban gempa
Baca juga: PMI Jakarta Utara galang bantuan untuk korban gempa Cianjur

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022