Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka menguat pada Selasa, didukung oleh pemulihan saham komoditas setelah penurunan di sesi sebelumnya, dengan investor menimbang sinyal beragam dari pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) tentang sikap mereka terhadap suku bunga.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,2 persen, melayang di dekat level terkuatnya dalam lebih dari dua bulan.

Saham minyak & gas melonjak 3 persen, dan di jalur untuk menutup semua kerugian yang dibuat sehari sebelumnya, karena harga minyak mentah naik setelah menteri energi Arab Saudi membantah laporan yang menyatakan grup OPEC+ sedang mempertimbangkan peningkatan pasokan.

Baca juga: Minyak naik setelah Saudi sangkal laporan peningkatan pasokan OPEC+

Penambang naik 1,4 persen, setelah turun 1,6 persen pada Senin (21/11/2022) karena kekhawatiran tentang lonjakan kasus COVID-19 di China.

Sementara itu, pembuat kebijakan ECB Robert Holzmann mendukung kenaikan suku bunga simpanan ketiga berturut-turut sebesar 0,75 poin persentase untuk pertemuan penetapan suku bunga berikutnya pada Desember, menurut laporan Financial Times.

Itu mengikuti pernyataan dari pejabat ECB lainnya minggu ini yang menyatakan bank sentral dapat memperlambat laju kenaikan suku bunga.

Baca juga: Bank Sentral Eropa hati-hati pada kebijakan ketat yang terlalu cepat

Di antara saham individu, Enel naik 2,5 persen setelah utilitas terbesar Italia itu mengatakan rencana penjualan asetnya senilai 21 miliar euro (21,51 miliar dolar AS) untuk mengurangi utang bersih dan memfokuskan kehadirannya di enam negara inti.

Prosus anjlok 3,8 persen setelah investor teknologi Belanda itu mengatakan pihaknya memperkirakan laba untuk enam bulan hingga 20 September turun setidaknya 79,9 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah karena kekhawatiran pembatasan COVID China

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022