Hal ini sesuai dengan upaya kita dalam penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja, dengan target 1,1 juta lapangan kerja pada 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengharapkan program AKSI Perempuan mampu mewadahi semangat berjejaring serta pendampingan yang menjangkau lebih banyak UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di daerah destinasi wisata yang terdampak kelesuan ekonomi global.

“Hal ini sesuai dengan upaya kita dalam penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja, dengan target 1,1 juta lapangan kerja pada 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024,” kata Sandiaga yang hadir secara daring dalam Awarding Ceremony AKSI Perempuan yang digelar di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kemenkop fasilitasi 30 anggota PBI untuk bina pelaku UMKM fesyen

Senada dengan Sandiaga, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga menilai program AKSI Perempuan membantu memperkuat fundamental bisnis para pelaku UMKM perempuan di tengah kondisi ekonomi yang tidak pasti.

“Saat ini UMKM perempuan merupakan penggerak strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Bahkan mayoritas pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan dengan persentase sebesar 64,5 persen,” kata Teten yang juga hadir secara daring.

Data tersebut menunjukkan pentingnya menggali potensi dalam memberdayakan UMKM yang dipiloti perempuan untuk mendukung pemerataan ekonomi nasional.

Baca juga: Optimalkan peran perempuan, Kemenkop kerja sama dengan Yayasan Pekka

 AKSI Perempuan merupakan program yang diinisiasi Tjufoo bersama komunitas Stellar Women untuk memperkuat dan memberdayakan bisnis yang dirintis oleh perempuan dengan membekali pelaku UMKM perempuan dengan berbagai program pelatihan termasuk membekali pengetahuan bisnis dan inkubasi bisnis dengan mentor CEO Perempuan.

Kegiatan yang yang berlangsung sepanjang September hingga November 2022 ini telah menggandeng 2.055 founder perempuan dan sebagai puncak acara hari ini, terpilih 3 bisnis yang berkesempatan mendapatkan pendanaan dengan total miliaran rupiah.

Ketiga bisnis tersebut adalah bisnis fesyen Muslimah Winona Modest (juara satu), bisnis perawatan dan kecantikan DEW ME (juara dua), serta bisnis konveksi perlengkapan bayi yang dilabeli Crucil (juara tiga).

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022