Jakarta (ANTARA) - Universitas Terbuka (UT) akan melakukan transformasi menjadi ekosistem pembelajaran digital agar dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.

“UT akan bertransformasi menjadi ekosistem pembelajaran digital. Hal ini juga untuk menghadapi persaingan dari banyaknya perguruan tinggi yang menawarkan pembelajaran daring,” ujar Rektor UT Prof Ojat Darojat di Tangerang Selatan, Banten, Selasa.

Baca juga: UT luncurkan aplikasi SIPPP untuk tata kelola terintegrasi

Dia menambahkan, saat ini semua unit di UT terintegrasi dalam satu ekosistem digital, sehingga dengan mudah dapat melakukan pemantauan terkait kinerja dan layanan UT.

“Layanan yang diberikan lebih cepat dan tepat dapat dilakukan. Pada prinsipnya yakni efektif dan efisien, dengan ekosistem digital ini maka tata kelola yang baik dapat diterapkan,” kata dia.

Selain itu, UT terus melakukan berbagai inovasi sejalan dengan transformasi UT yang saat ini menyandang status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Ke depan, pihaknya berupaya dapat melebarkan sayap UT hingga ke tingkat kabupaten di Indonesia.

Baca juga: UT dorong perluasan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat

"Ke depan, UT dapat menjadi kampus PTN BH yang terbaik, terjangkau, dan tercepat. Terbaik dalam memberikan kualitas pendidikan, termurah sehingga pendidikan tinggi dapat terjangkau bagi seluruh lapisan kalangan masyarakat, dan tercepat dalam memberikan layanan mahasiswa," katanya.

Baca juga: Mendikbudristek: UT jadi contoh dalam penerapan PJJ
Baca juga: Rektor UT : Biaya kuliah tetap terjangkau meski status PTN BH


Pewarta: Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022