Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) memberi bantuan renovasi rumah warga tidak mampu secara ekonomi di lingkungan Rukun Tetangga (RT) 02/02 Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung.

Camat Cipayung, Panangaran Ritonga mengatakan renovasi tersebut merupakan program bedah rumah kolaborasi dengan Baznas Bazis Jakarta Timur.

Baca juga: Baznas-Bazis Jaktim renovasi 142 rumah pada tahun 2022

“Alhamdulillah hari ini sekarang rumah yang tadinya kumuh dan tidak layak huni sekarang sudah bagus," kata Panangaran Ritonga di Jakarta, Selasa.

Panangaran menambahkan warga bernama Suriyati itu mendapatkan bantuan bedah rumah karena kondisi rumahnya yang sudah tidak layak.

Suriyati juga merupakan ibu empat orang anak dan tidak memiliki pekerjaan tetap. Bahkan, untuk makan sehari-hari mereka mendapat bantuan dari tetangga sekitar.

Panangaran berharap melalui bantuan renovasi rumah tersebut dapat sedikit membantu beban keluarga Suriyati.

Baca juga: Pemkot Jaktim renovasi rumah warga korban kebakaran di Cipayung

"Saya berharap rumah ini dirawat dan dijaga dengan baik. Tingkatkan ibadahnya jangan lupakan sholat, dan doakan para ASN yang sudah memberikan ZIS di Baznas Bazis Jakarta Timur agar semuanya sehat," ujar Panangaran.

Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur, Eka Nafisa menambahkan, rumah Suriyati terpilih direnovasi setelah melewati proses survei.

“Kegiatan ini merupakan program bantuan untuk warga yang tidak mampu dalam merenovasi rumahnya, dari yang tidak layak huni menjadi layak huni," tutur Eka.

Eka mengatakan proses renovasi rumah Suriyati itu memakan waktu selama satu bulan terakhir.

“Setelah survei dan perlengkapan lengkap selama satu bulan direnovasi. Mereka diberikan uang untuk mengontrak selama masa perbaikan dari Baznas Bazis Jakarta Timur," kata Eka.

Baca juga: Pemkot Jakbar bedah rumah tidak layak huni di kawasan Taman Sari

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022