Pemerintah daerah telah mendorong Kabupaten Jayapura layak anak, sehingga KIA ini harus menjadi hak mereka.
Jayapura (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Jayapura, Papua menargetkan sebanyak 4.000 Kartu Identitas Anak (KIA) di wilayah ini bisa tercetak setiap bulan pada 2023.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Jayapura Herald Berhitu, di Sentani, Selasa, mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pemetaan guna mengetahui daerah-daerah yang sama sekali belum mendapat pelayanan agar segera dilakukan pelayanan ke depan.

"Karena pemerintah daerah telah mendorong Kabupaten Jayapura layak anak, sehingga KIA ini harus menjadi hak mereka," katanya pula.

Menurut Herald, saat ini pihaknya telah melakukan pembuatan KIA di sekolah-sekolah yang sudah terdaftar sekitar 1.600 lebih. "Sehingga ke depan kami berharap setelah pemetaan wilayah selesai, kami bisa mencetak 4.000 KIA per bulan," ujarnya lagi.

Dia menjelaskan Dukcapil Kabupaten Jayapura juga telah berkomunikasi dengan Dinas Perhubungan setempat untuk diberikan potongan biaya angkutan umum bagi anak yang memiliki KIA.

"Ini berlaku bagi semua anak-anak di Kabupaten Jayapura yang masih berusia di bawah 17 tahun," katanya lagi.

Ia menambahkan, pihaknya berharap agar pelayanan administrasi kependudukan bagi warga di Kabupaten Jayapura ke depan dapat berjalan dengan lancar.
Baca juga: Anak Papua harap Jokowi beri perhatian lebih bagi fasilitas olahraga
Baca juga: KPU RI dan AMAN minta anak-anak adat jadi penyelenggara Pemilu 2024

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022