Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar membentuk dan mengirimkan tim khusus untuk melakukan aksi tanggap bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat, membantu para korban terdampak.

Tim khusus yaitu Tim DPP PKB Peduli Cianjur di bawah kepemimpinan Cucun Ahmad Syamsurijal.

“Hari ini kami berangkat ke lokasi gempa di Cianjur untuk menyampaikan duka mendalam dari Gus Muhaimin atas bencana yang dirasakan saudara-saudara kami di Cianjur. Kami menyiapkan beberapa kebutuhan untuk situasi tanggap bencana,” kata Cucun di Jakarta, Selasa.

Cucun yang merupakan Ketua Fraksi PKB DPR RI itu mengatakan gempa Cianjur sangat menyesakkan karena menyebabkan 162 korban tewas yang mayoritas adalah anak-anak.

Baca juga: Menko PMK sebut penanganan gempa Cianjur dilakukan secara paralel

“Tentu ini menjadi keprihatinan kita bersama. Maka sebisa mungkin kita lakukan upaya membantu untuk meringankan beban psikologis para korban,” ujarnya.

Dia mengungkapkan bahwa setelah kejadian Gempa Cianjur, Muhaimin langsung mengumpulkan jajaran pengurus DPP PKB.

Menurut dia, kebetulan saat itu para pengurus DPP PKB sebagian besar berkumpul karena baru saja menghadiri “launching” pembentukan lembaga saksi PKB dalam Pemilu 2024.

“Saat itu juga Gus Muhaimin memimpin doa khusus dan menginstruksikan membentuk tim Peduli Gempa Cianjur untuk mengkonsolidasikan bantuan dari kader baik yang di legislatif maupun eksekutif,” katanya.

Cucun mengatakan untuk bantuan tahap pertama terkumpul 1.500 paket sembako, tim tenaga medis, ratusan paket obat-obatan dan uang tunai Rp100 juta.

Menurut dia, DPP PKB juga menginstruksikan pembentukan Posko Bencana di beberapa titik di Cianjur dan sekitarnya.

“Bantuan ini akan disalurkan melalui DPC PKB Cianjur dan Relawan Gus Muhaimin yang akan turun membantu dari proses tanggap bencana hingga proses rehabilitasi nanti,” ujarnya.

Cucun meminta agar semua pihak waspada terhadap potensi terjadinya bencana di berbagai wilayah di Indonesia. Menurut dia, sesuai dengan prediksi BMKG, potensi bencana di akhir tahun cukup tinggi seperti hidrometrologi maupun bencana lain.

“Kita harus meningkatkan kewaspadaan di akhir dan di awal tahun karena biasanya potensi bencana di waktu-waktu itu cukup tinggi terjadi,” katanya.

Dia berharap pemerintah dan para pemangku kepentingan waspada terhadap potensi bencana tersebut.

Tim DPP PKB Peduli Cianjur berangkat ke Cianjur, Jawa Barat antara lain Ketua Fraksi PKB DPR RI sekaligus pimpinan rombongan Cucun A Syamsurijal, Wakil Ketua Komisi VII Marwan Dasopang, anggota Komisi VIII Maman Imanul Haq, Lukman Hakim, Nurhuda Yusro, dan anggota Fraksi PKB DPR RI asal Cianjur Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz.

Selain itu Ketua DKN Garda Bangsa Tomy Kurniawan, Bendahara DKN Garda Bangsa Rano Alfath.

Baca juga: PMI Depok kirim 36 kantong jenazah untuk evakuasi korban gempa Cianjur
Baca juga: Ringankan Beban Korban Gempa Cianjur, PLN Beri Bantuan Sembako dan Bagi 1.500 Paket Makanan Per Hari
Baca juga: Pemprov Jabar beri penyembuhan trauma pelajar terdampak gempa Cianjur


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022