Jakarta (ANTARA/JACX) - Ibu Negara Iriana Jokowi, dalam sampul unggahan video, diklaim sedang terbaring di sebuah tempat tidur rumah sakit.

Presiden Jokowi serta putra Iriana yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tampak menemani Ibu Negara di kamar rumah sakit tersebut.

Potret itu ditampilkan melalui sebuah sampul video di YouTube yang diberi judul "YA ALLAH KABAR KONDISI IBU IRIANA TERKINI USAI TERPELESET, GIBRAN RAKABUMING KABARKAN KONDISI IBU,".

Ibu Negara memang sempat terpeleset saat menuruni tangga pesawat kepresidenan di Bandara Ngurah Rai, Bali, pada pekan kedua November 2022. 

Kedatangan Presiden Jokowi serta Iriana Jokowi ke Bali saat itu untuk menghadiri rangkaian acara G20.

Namun, benarkah Iriana Jokowi dirawat di rumah sakit usai terpeleset?
 
Tangkapan layar narasi yang menyebutkan Iriana Jokowi dirawat usai terpeleset (YouTube)


Penjelasan:
Sampul video milik akun YouTube dengan 138.000 pengikut itu telah menyajikan narasi serta gambar yang tidak berhubungan.   

Ilustrasi yang menampilkan Ibu Negara tengah terbaring di rumah sakit dengan didampingi Presiden Joko Widodo serta Gibran Rakabuming merupakan hasil penyuntingan digital.

Pada dokumentasi aslinya, potret tersebut memperlihatkan momen Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tengah mendampingi istrinya, Selvi Ananda, di rumah sakit, usai melahirkan anak kedua mereka pada 2019.

Potret asli juga dimuat di salah satu laporan media nasional ini

Sedangkan gambar Kepala Negara dengan kemeja putih di video tersebut identik dengan foto yang dibagikan situs Sekretariat Kabinet pada 26 Mei 2020.

Berikut keterangan foto tersebut:
"Presiden berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta usai meninjau Kesiapan Penerapan Prosedur Standar New Normal pada Sarana Publik di MRT Bundaran Hotel Indonesia, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (26/5),".

Tidak ada pula informasi resmi yang memperkuat narasi tentang keberadaan Ibu Negara di rumah sakit, usai terpeleset di Bali.

Sejumlah referensi tersebut membuktikan bahwa konten di YouTube itu termasuk hoaks.

Klaim: Iriana Jokowi dirawat usai terpeleset
Rating: Hoaks

Baca juga: Polda DIY belum tangkap terduga penghina Ibu Negara Iriana Jokowi

Baca juga: Kemarin, akun diduga sindir Iriana hingga penambang nikel ilegal

Baca juga: Iriana ajak pendamping pemimpin negara G20 lihat kearifan lokal RI

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2022