Jakarta (ANTARA) - Tim nasional U-20 Indonesia menelan kekalahan ketiga pada laga uji coba di Spanyol setelah takluk dari tim U-20 klub asal Norwegia Valerenga Fotball dengan skor 0-4, Selasa (23/11) malam WIB.

Diunggah di media sosial Instagram PSSI, @pssi, Rabu dini hari, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong sejatinya mampu menahan lawan imbang tanpa gol pada babak pertama, sebelum akhirnya kebobolan empat gol usai jeda.

Dalam laga tersebut, Shin memberikan kesempatan kepada pemain yang jarang mendapatkan tempat di sebelas pertama pada pertandingan-pertandingan lalu seperti Alfriyanto Nico, Marcell Januar, Ginanjar Wahyu dan kiper Erlangga Setyo.

Nama-nama andalan seperti Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh dibangkucadangkan.

Shin juga hanya menurunkan satu calon pemain naturalisasi sejak awal kala bersua Valerenga Fotball yakni penyerang Rafael Kruick.

Baca juga: Shin sebut Rafael-Zico pemain bagus tapi perlu tingkatkan kerja sama

Tunduk dari Valerenga Fotball membuat Indonesia selalu kalah pada tiga laga uji coba yang dilewati di Spanyol. Pada pertandingan pertama dan kedua, Indonesia masing-masing dikandaskan Prancis (0-6) dan Slovakia (1-2).

Laga-laga persahabatan timnas U-20 Indonesia di Spanyol, yang dilakukan di sela pemusatan latihan (TC), menjadi salah satu persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. Sebelumnya, Indonesia menjalani TC di Turki.

Selama TC di Turki, yang berlangsung mulai 16 Oktober-13 November 2022, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong melakukan tujuh laga uji coba, di mana tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan untuk Indonesia.

Indonesia mengalahkan Cakallikli Spor dengan skor 2-1, Moldova (3-1) dan Antalyaspor (3-2). Selain itu, timnas U-20 menahan imbang tanpa gol Moldova dan seri 3-3 dengan tim U-20 Baerum SK. Kekalahan datang saat menghadapi Turki (1-2) dan Al Adalah FC (0-2).

Adapun Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.

Baca juga: Rafael Struick dan Zico Soree bangga perkuat timnas U-20 Indonesia
Baca juga: Shin minta timnas U-20 lebih tenang agar terhindar dari penalti

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022