Jakarta (ANTARA) - Prancis memulai Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 4-1 atas Australia dalam pertandingan Grup D perdana mereka di Al Janoub Stadium, Rabu dini hari WIB.

Olivier Giroud memborong dua gol untuk Prancis, dan dua lainnya dicetak oleh Adrien Rabiot dan Kylian Mbappe. Setelah sebelumnya Australia sempat unggul lebih dahulu lewat gol Craig Darwin.

Kemenangan ini membuat juara bertahan memimpin Grup D Piala Dunia 2022 dengan tiga poin. Tunisia dan Denmark berada di bawahnya setelah mereka bermain imbang tanpa gol dan Australia menjadi juru kunci.

Australia langsung mengejutkan Prancis dengan gol cepat pada menit ke-9. Goodwin bisa menjebol gawang Hugo Lloris setelah memanfaatkan umpan Mathew Leckie dari sisi kanan.

Empat menit kemudian, Prancis terpaksa melakukan pergantian cepat setelah Lucas Hernandez mengalami cedera dan harus digantikan saudaranya, Theo Hernandez.

Prancis bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-27. Umpan lambung Theo Hernandez mengecoh barisan bek Australia. Bola disambar Rabiot tanpa gangguan.

Les Blues bisa berbalik memimpin 2-1. Kali ini Rabiot menjadi arsitek gol kedua setelah umpan tariknya diselesaikan Olivier Giroud di depan gawang pada menit ke-32.

Berbalik unggul membuat Prancis mengontrol jalannya pertandingan, tetapi tidak ada gol tambahan sampai babak pertama selesai.

Di babak kedua, dominasi Prancis berlanjut. Pasukan Didier Deschamps kini bisa membuat Australia kesulitan membangun serangan hingga separuh babak kedua.

Prancis akhirnya bisa menambah keunggulan pada menit ke-68. Kali ini giliran Kylian Mbappe yang mencatatkan namanya di papan skor.

Lewat serangan dari sisi kanan, Ousmane Dembele melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Mbappe, yang berada di depan gawang, bisa memenangi duel udara dan menanduk masuk bola ke gawang Australia. Skor menjadi 3-1.

Keunggulan Prancis bertambah tiga menit berselang. Giroud mencetak gol keduanya pada menit ke-71.

Kylian Mbappe melakukan tusukan di sisi kiri Australia sebelum mengirimkan umpan ke tengah yang bisa disundul Giroud. Prancis memimpin 4-1.

Unggul tiga gol, Prancis menurunkan tempo serangan mereka dan memasukkan beberapa pemain pengganti. Tidak ada tambahan gol hingga pertandingan selesai, Prancis mengamankan kemenangan 4-1 atas Australia.


Baca juga: Lewandowski gagal penalti, Polandia bermain imbang 0-0 lawan Meksiko
Baca juga: Tunisia paksa Denmark seri 0-0
Baca juga: Daftar kejutan Piala Dunia selain Saudi gulingkan Argentina 2-1


Susunan Pemain:
Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Benjamin Pavard (89' Jules Kounde), Dayot Upamecano, Ibrahima Konate, Lucas Hernandez (13' Theo Hernandez); Adrien Rabiot, Aurelien Tchouameni (77' Youssouf Fofana); Ousmane Dembele (77' Kingsley Coman), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud (89' Marcus Thuram).

Australia (4-1-4-1): Mathew Ryan; Nathaniel Atkinson (85' Milos Degenek), Harry Souttar, Kye Rowles, Aziz Behich; Aaron Mooy; Craig Goodwin (74' Garang Kuol), Riley McGree (73' Awer Mabil), Jackson Irvine (85' Keanu Baccus), Matthew Leckie; Mitchell Duke (56' Jason Cummings).

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022