Untuk meningkatkan layanan dan pengetahuan para calon jamaah haji (CJH), Kementerian Agama membuat kebijakan melakukan manasik haji sepanjang tahun
Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Bolaang Mongondouw Utara (Bolmut) melakukan penyuluhan manasik haji kepada calon jamaah haji hingga kecamatan, di Kabupaten Bolmut, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Untuk meningkatkan layanan dan pengetahuan para calon jamaah haji (CJH), Kementerian Agama membuat kebijakan melakukan manasik haji sepanjang tahun," kata Plt Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolmut, Hi Abdullah Diu," di Manado, Rabu.

Dia mengatakan hal ini dilakukan karena, sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci Mkekah dn Madinah untuk beribadah haji, calon jamaah haji (CJH) harus dibekali pengetahuan yang cukup terkait dengan pelaksanaan ibadah. Salah satu pembekalan yang diberikan adalah manasik haji.

"Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama telah menggalakkan gerakan manasik haji sepanjang tahun, Kabupaten Bolmut telah memulainya pada akhir tahun 2022 ini dan akan dilaksanakan seterusnya hingga semua kecamatan yang ada," katanya.

Ia menjelaskan manasik haji sepanjang tahun, dilakukan sampai jamaah hendak berangkat ke tanah suci, peserta diikuti pendaftar tahun 2013 sampai 2022.

Abdullah Diu mengatakan manasik haji dilakukan secara sinergi antara PHU, KUA, penyuluh dan fasilitator pembimbing ibadah haji di Kabupaten Bolmut.

Manasik haji sepanjang tahun dilaksanakan di tiap kecamatan dan sebagai koordinator adalah Kepala KUA.

Tujuan dari manasik haji tahunan ini, katanya, adalah untuk memberikan pemahaman tentang manasik haji sejak awal kepada calon jamaah haji agar dalam pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan syariat, selain itu dalam rangka memberikan waktu yang fleksibel serta kedekatan jarak dari tempat tinggal menuju KUA setempat.

Manfaat dari program manasik haji sepanjang tahun ini, katanya, yakni jemaah haji menjadi mandiri karena dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi jamaah haji.

Selan itu, juga untuk  memiliki ilmu yang banyak tentang haji sehingga mudah melaksanakan tugas dan amanah yang diberikan dan mudah mencapai target yang ditujukan.

Sekaligus terpenuhinya amanah kepada masyarakat bahwa pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan, pembinaan, dan pendampingan.

”Manasik haji sepanjang tahun juga dimaksudkan untuk membentuk kesatuan hati sesama jamaah haji sejak awal dan menjadi wadah untuk silaturahmi,” demikian Abdullah Diu.

Baca juga: Calon haji Minahasa diberi pembinaan Program Manasik Sepanjang Tahun

Baca juga: Jemaah haji asal Sulut tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado

Baca juga: Jamaah haji dari Bandara Sam Ratulangi naik 22,91 persen


 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022