Singapura (ANTARA) - Harga minyak naik tipis di perdagangan Asia pada Rabu, karena data menunjukkan penarikan minyak mentah AS yang lebih besar dari perkiraan minggu lalu melebihi kekhawatiran tentang permintaan bahan bakar yang lebih rendah dari China di tengah pengetatan pembatasan COVID-19.

Minyak mentah berjangka Brent terangkat 27 sen atau 0,3 persen, menjadi diperdagangkan di 88,63 dolar AS per barel pada pukul 07.19 GMT. Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 25 sen atau 0,3 persen, menjadi diperdagangkan di 81,20 dolar AS per barel.

Kedua kontrak acuan naik sekitar satu persen pada Selasa (22/11/2022) karena Uni Emirat Arab, Kuwait, Irak dan Aljazair memperkuat komentar dari menteri energi Arab Saudi bahwa Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, bersama-sama disebut OPEC+, tidak mempertimbangkan untuk meningkatkan produksi minyak. OPEC+ selanjutnya akan bertemu untuk meninjau produksi pada 4 Desember.

Persediaan minyak mentah AS turun sekitar 4,8 juta barel untuk pekan yang berakhir 18 November, data dari American Petroleum Institute (API) menunjukkan, menurut sumber pasar.

Para analis yang disurvei oleh Reuters rata-rata memperkirakan penarikan 1,1 juta barel dalam persediaan minyak mentah.

Stok sulingan, yang meliputi minyak pemanas dan bahan bakar jet, naik sekitar 1,1 juta barel dibandingkan ekspektasi analis untuk penurunan 600.000 barel.

Ketidakpastian tentang bagaimana Rusia akan menanggapi rencana negara-negara Kelompok Tujuh (G7) untuk membatasi harga minyak Rusia juga memberikan beberapa dukungan ke pasar.

Batas harga akan segera diumumkan, seorang pejabat senior Departemen Keuangan AS mengatakan pada Selasa (22/11/2022), menambahkan bahwa itu mungkin akan disesuaikan beberapa kali dalam setahun.

"Pedagang memantau dengan cermat ekspor Rusia dan akan mencari seberapa banyak mereka dapat memangkas penjualan luar negeri negara itu sebagai pembalasan, yang bisa menjadi perangsang bullish untuk harga minyak," kata mitra pengelola SPI Asset Management Stephen Innes dalam sebuah catatan.

Sementara itu, importir minyak mentah utama China telah bergulat dengan lonjakan kasus COVID yang memperdalam kekhawatiran tentang ekonominya dan dapat terus membatasi kenaikan harga minyak, kata analis CMC Markets Tina Teng.

Pada Selasa (22/11/2022) malam, pusat keuangan Shanghai memperketat aturan bagi orang yang memasuki kota sementara Beijing menutup taman dan museum.

Teng mengatakan bahwa para pedagang juga berhati-hati menjelang rilis risalah Federal Reserve AS dari pertemuan kebijakan November pada pukul 19.00 GMT.

"The Fed diperkirakan akan memberi sinyal perlambatan dalam kenaikan suku bunga tetapi pengulangan hawkish yang mengejutkan akan membebani sentimen, mengangkat dolar AS dan menekan harga komoditas," kata Teng.

Baca juga: Wall Street menguat, S&P 500 ditutup di tertinggi lebih dari 2 bulan
Baca juga: Dolar bertahan kuat di sesi Asia, tapi cemas jelang rilis risalah Fed
Baca juga: Emas naik karena dolar melemah, hentikan penurunan 5-hari beruntun

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022