Dinas Pertanian yang menyumbang tujuh ekor sapi
Pulau Punjung (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), memasak ton rendang untuk membantu korban gempa bumi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
 
Kepala Dinas Kominfo Dharmasraya, Rovanly Abdams, di Pulau Punjung, Rabu, mengatakan, proses memasak satu ton rendang itu melibatkan seluruh OPD dan pihak terkait yang rencananya akan digelar dalam waktu dekat.
 
"Rapat persiapan memasak rendang secara bersama langsung dipimpin pak Bupati bersama pak Sekda pagi tadi, sedangkan rapat pemantapan teknis pelaksanaan akan digelar kembali besok," ujarnya.
 
Ia mengatakan beberapa OPD sejauh ini telah mengkonfirmasi mengenai partisipasinya dalam mendukung kegiatan memasak satu ton rendang untuk selanjutnya dikirim ke Cianjur. "Seperti Dinas Pertanian yang menyumbang tujuh ekor sapi," katanya.

Ia mengatakan memasak satu ton rendang bertajuk "Duka Dharmasraya Untuk Saudara di Cianjur" itu akan dipusatkan di kawasan Sentra Industri Logam (IKM) Gunung Medan dengan melibatkan seluruh OPD, camat, PGRI, bundo kanduang, dan pihak terkait lainnya.

Baca juga: Pemkot Solok serahkan 1 ton rendang untuk korban erupsi Gunung Semeru
 
Ia menyebutkan rendang tersebut akan dikirim secepatnya setelah proses memasak dan pengemasan selesai, pelepasan pengiriman satu ton rendang akan dilakukan oleh Bupati Sutan riska Tunaku Kerajaan.
 
Ia menyebutkan bantuan yang diberikan itu mungkin tidak seberapa dibandingkan penderitaan masyarakat yang terdampak. Namun, semua adalah niat ikhlas sebagai bentuk solidaritas sesama warga Indonesia.
 
Pemerintah setempat juga mengajak semua pihak di Kabupaten Dharmasraya bersama-sama membantu meringankan beban warga yang terdampak gempa bumi Cianjur
 
"Tentu dengan pemerintah telah bergerak hari ini diharapkan masyarakat juga ikut serta, baik itu secara individu, kelompok masyarakat, organisasi masyarakat dan kepemudaan," ujar dia.

Baca juga: Dharmasraya masak satu ton rendang untuk Lumajang
 
Pemkab Dharmasraya menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah gempa bumi yang terjadi. Masyarakat Dharmasraya mendoakan agar warga Kabupaten Cianjur yang menjadi korban semoga senantiasa dalam lindungan sang pencipta, tambah dia.
 
Dari laporan BMKG, gempa bumi terjadi pukul 13.21 WIB, Senin, 21 November 2022. Gempa berpusat di 10 km arah barat daya dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dengan kedalaman gempa 10 km.

Pada Desember 2021, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya juga sudah  memasak dan mengirimkan satu ton rendang untuk membantu meringankan beban korban bencana guguran awan panas Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
 
Kegiatan memasak satu ton rendang yang bertajuk "Dharmasraya Marandang Peduli Lumajang" itu juga dipusatkan di kawasan Sentra Industri Logam (IKM) Gunung Medan dengan melibatkan seluruh OPD.

Baca juga: PTBA kirim tim penyelamat bantu korban gempa Cianjur
 
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022