Kita upayakan semaksimal mungkin pelayanan untuk kemanusiaan di Cianjur
Cianjur (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan 15 truk tangki air bersih ke titik pengungsian di dua kecamatan terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat, termasuk dua unit truk untuk menyingkirkan material longsor dan puing bangunan.

Ketua Umum PMI, Yusuf Kalla di Cianjur, Rabu, mengatakan seluruh relawan PMI se-Jabar dan DKI Jakarta, diturunkan untuk membantu penanganan cepat bencana gempa yang menyebabkan ratusan rumah ambruk dan ratusan orang meninggal dunia tertimbun dengan tugas evakuasi warga dan pencarian korban.

"Koordinasi yang dilakukan pengurus PMI Cianjur, sangat cepat sehingga 345 relawan dari 25 kota/kabupaten di Jawa Barat dan DKI Jakarta, dapat bergabung pada hari pertama kejadian. Kami akan dukung penuh penanganan bencana gempa sampai tuntas," katanya.

Untuk mendukung penanganan selain mengirim logistik setiap minggu, tutur mantan Wakil Presiden RI itu, tangki air bersih sangat dibutuhkan saat bencana termasuk gempa, sehingga belasan truk tangki air bersih sudah diturunkan ke Cianjur untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Baca juga: PMI percepat distribusi bantuan untuk penyintas gempa di Cianjur

Baca juga: Wali Kota Depok ajak ASN bantu korban gempa Cianjur


Sedangkan truk hagglund akan diturunkan sebanyak dua unit, dinilai sangat dibutuhkan selain menyingkirkan material longsor dan rumah yang ambruk dapat digunakan untuk menyuplai logistik ke lokasi yang tidak dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua dan empat dapat menggunakan truk tersebut.

"Kami pastikan logistik yang merupakan bantuan dari berbagai pihak termasuk pemerintah, sampai ke tangan warga korban gempa di Cianjur. Kami juga akan mendata pasokan apa saja yang dibutuhkan setelah penanganan tuntas dilakukan," katanya.

Pihaknya, tambah dia, akan memberikan berbagai program pemulihan terhadap korban gempa di Cianjur termasuk memberikan pelayanan pemulihan trauma pascagempa di Cianjur.

"Kita upayakan semaksimal mungkin pelayanan untuk kemanusiaan di Cianjur," katanya.

Baca juga: PMI se-Jabar dan DKI Jakarta bantu proses pencarian korban gempa

Baca juga: PMI siap terjunkan Hagglund menuju daerah terisolasi di Cianjur

Baca juga: Gubernur Jabar telepon video dengan Wapres laporkan kondisi Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022