Jakarta (ANTARA) - Akademisi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) Anang Sujoko mengatakan penunjukan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Ketua Pelaksana Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjadi bukti Presiden Jokowi memberikan kepercayaan lebih kepadanya.

"Kepercayaan ini tak hanya sekadar tugas formil sebagai pejabat negara, namun Menteri Erick dipercaya untuk menjalankan tugas keluarga Presiden Jokowi," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selama ini, kata dia, mungkin banyak pihak beranggapan bahwa Erick Thohir hanya bisa mengeksekusi pekerjaan sebagai pejabat publik. Namun, kini masyarakat bisa melihat mantan Presiden Inter Milan FC tersebut bisa mengeksekusi pekerjaan keluarga kepala negara.

Baca juga: Erick Thohir pastikan persiapan pernikahan Kaesang-Erina optimal
Baca juga: Kaesang nyatakan persiapan pernikahannya sudah 100 persen


Ia menilai apabila Erick Thohir sukses menjalankan amanah Presiden Jokowi, maka hal tersebut akan mengharumkan nama Menteri BUMN itu di mata publik.

"Penunjukan sebagai Ketua Pelaksana Pernikahan Kaesang dan Erina berpotensi dijadikan momen yang bagus bagi Pak Erick untuk menunjukkan keberhasilan beliau dalam menjalankan tugas," ujar dia.

Selain itu, ia menilai penunjukan Erick Thohir sebagai Ketua Pelaksana Pernikahan Putra Bungsu Presiden Jokowi berpotensi mendekatkannya dengan kaum milenial. Hanya saja Erick harus membangun dialog dan berinteraksi dengan kaum milenial.

Menurut dia, melalui amanah yang diberikan oleh mantan Wali Kota Solo tersebut bisa menjadi peluang bagi Erick mengenalkan budaya Jawa kepada kaum milenial. Berkaca dari KTT G20 yang berhasil menampilkan budaya Indonesia, maka nilai-nilai tradisional bisa dikenalkan pada generasi muda pada pernikahan putra presiden.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022