Jakarta (ANTARA) - Aktor Lukman Sardi termasuk yang memandang pentingnya orangtua mengontrol pemakaian gawai anak-anak mereka, kendati tak dapat memungkiri perangkat itu sudah menjadi bagian dari keseharian hidup.

"Kontrol gadget itu penting banget. Kita tidak bisa melepaskan diri dari dunia digital. Anak-anak juga sudah terbiasa dengan gadget. Hanya, dari orangtua yang bisa dilakukan adalah mengontrol penggunaan gadget," kata dia di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Psikolog sarankan waktu makan anak tanpa gawai

Lukman menerapkan aturan khusus dalam penggunaan gawai pada anak-anaknya, salah satu yang dilakukan yakni memperbolehkan mereka menggunakan gawai pada akhir pekan.

"Itu pun aku batasi jamnya. Jadi enggak seharian pegang gadget. Sisanya hanya menonton televisi yang besar, rame-rame. Itu aja aku masih kecolongan satu anak, dia bisa ada myopia," tutur Lukman.

Dia juga mengajarkan sejak dini pada anak-anaknya agar tak memainkan gawai ataupun melakukan hal lain berbasis layar saat makan. Menurut dia, cara ini cukup ampuh untuk anak-anaknya,

"Kontrol dari orangtua terhadap anak. Hanya kita yang bisa mengontrol anak kita. Orangtua beri contoh. Di rumah kita juga kebanyakan main gadget. Anak-anak juga jadi ikut," demikian pesan Lukman.

Tak hanya soal gawai, dia juga mengajak orangtua agar mengajarkan anak-anak mereka bermain di luar ruangan.

Baca juga: Ide permainan untuk anak tanpa gawai

Baca juga: Yuanita Christiani ijinkan anak terpapar gawai di usia 2 tahun

Baca juga: Kemenkes: Kenalkan permainan tradisional cegah anak kecanduan gawai

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022