New York (ANTARA) - Indeks-indeks utama Wall Street mencatat kenaikan yang solid pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), setelah risalah pertemuan November Federal Reserve menunjukkan kenaikan suku bunga dalam upaya mengendalikan inflasi mungkin akan segera melambat.

Indeks Dow Jones Industrial Average terangkat 95,96 poin atau 0,28 persen, menjadi menetap di 34.194,06 poin. Indeks S&P 500 bertambah 23,68 poin atau 0,59 persen, menjadi berakhir di 4.027,26 poin. Indeks Komposit Nasdaq ditutup meningkat 110,91 poin atau 0,99 persen, menjadi 11.285,32 poin.

"Mayoritas besar" dari pembuat kebijakan The Fed setuju "kemungkinan akan segera tepat" untuk memperlambat laju kenaikan suku bunga, tulis risalah pertemuan mereka.

"Apa yang perlu dilihat pasar ekuitas agar kekuatan baru-baru ini berlanjut adalah apa yang kami dapatkan dari risalah," kata Michael James, direktur pelaksana perdagangan ekuitas di Wedbush Securities di Los Angeles.

Sejak pertemuan terakhir The Fed pada 1-2 November, investor lebih optimis bahwa tekanan harga mulai mereda, yang berarti kenaikan suku bunga yang lebih kecil dapat mengurangi inflasi.

Pada Rabu (23/11/2022) pagi, sekumpulan data ekonomi yang beragam menyebabkan penurunan pada imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun, membantu mendorong saham-saham bergerak lebih tinggi.

Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran naik lebih besar dari yang diperkirakan minggu lalu dan aktivitas bisnis AS mengalami kontraksi selama lima bulan berturut-turut pada November. Sentimen konsumen berdetak lebih tinggi dan penjualan rumah naik di atas ekspektasi.

"Apa yang saya pikir Anda lihat adalah antusiasme baru investor yang dipicu oleh mereka yang melihat cahaya indah di ujung terowongan yang sangat gelap. Dan ada begitu banyak uang di luar pasar yang mengalir kembali ke pasar dan menunggu untuk kembali beraksi," kata manajer portofolio Moez Kassam dari Anson Funds.

Saham kelas berat, termasuk Amazon.com Inc dan Meta Platforms Inc, masing-masing menguat 1,00 persen dan 0,72 persen.

Tesla Inc melonjak 7,82 persen karena Citigroup meningkatkan peringkat saham pembuat kendaraan listrik menjadi "netral" dari "jual".

Deere & Co terangkat 5,03 persen setelah pembuat peralatan pertanian itu melaporkan laba kuartalan yang lebih tinggi dari perkiraan.

Nordstrom Inc jatuh 4,24 persen karena peritel fesyen itu memangkas perkiraan labanya di tengah penurunan tajam untuk menarik pelanggan yang waspada terhadap inflasi.

Volume perdagangan tipis menjelang liburan Thanksgiving pada Kamis, dengan pasar saham AS buka setengah sesi pada hari Jumat.

Volume transaksi di bursa AS mencapai 9,25 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 11,6 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.


Baca juga: Wall Street menguat, S&P 500 ditutup di tertinggi lebih dari 2 bulan
Baca juga: Wall St jatuh karena meningkatnya kekhawatiran pembatasan COVID China
Baca juga: Wall Street berakhir menguat, ditopang kenaikan saham defensif

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022