Kota Bengkulu (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyatakan pihaknya saat ini fokus vaksinasi dosis keempat untuk peserta lanjut usia (lansia) yang telah menerima vaksin dosis ketiga.
 
"Usai tenaga kesehatan yang menjadi fokus penerimaan vaksin dosis keempat, kami juga akan melaksanakan vaksinasi dosis keempat untuk lansia," kata Plt Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit P2P Dinkes Provinsi Bengkulu Ruslian di Kota Bengkulu, Kamis.
 
Ia mengaku pihaknya fokus melaksanakan vaksinasi dosis keempat untuk lansia karena mereka rentan terinfeksi COVID-19.

Baca juga: 3.962 nakes di Provinsi Bengkulu telah divaksin COVID-19 booster kedua
 
Untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia, kata dia, akan dilakukan usai vaksin COVID-19 jenis Pfizer tiba di Bengkulu, sebab saat ini masih di perjalanan dari Jakarta.
 
Jumlah vaksin yang akan tiba sebanyak 17.550 dosis, yang nantinya langsung disalurkan ke seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu.
 
Ia menjelaskan vaksin jenis Pfizer tersebut dapat digunakan untuk dosis pertama, kedua, ketiga dan keempat, serta diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bengkulu.
 
Ruslian meminta kepada seluruh masyarakat Bengkulu untuk segera melaksanakan vaksinasi COVID-19 dan menjaga daya tahan tubuh, sebab akhir-akhir ini kasus COVID-19 di Provinsi Bengkulu mengalami kenaikan dan saat ini tercatat sebanyak 172 orang dinyatakan positif.

Baca juga: Dinas Kesehatan Bengkulu kejar capaian vaksinasi COVID-19 bagi lansia

Baca juga: Dinkes Provinsi Bengkulu kekurangan vaksin COVID-19 jenis Sinovac
 
Ruslian menjelaskan meningkatnya kasus COVID-19 di Provinsi Bengkulu, karena adanya pemeriksaan kesehatan dan syarat pelaku perjalanan yang belum menerima vaksinasi.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan masker, mengatur pola makan dan selalu mencuci tangan menggunakan air bersih.

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022