Jakarta (ANTARA) - Seluruh puskesmas tingkat kecamatan di Jakarta Selatan siap memberikan dosis penguat (booster) kedua vaksin COVID-19 kepada orang lanjut usia dan tenaga kesehatan.

"Semua puskesmas kecamatan di Jakarta Selatan sudah bisa memberikan vaksin booster dosis kedua," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Yudi Dimyati di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Menkes minta lansia 60 tahun lebih dan nakes segera "booster" kedua

Selain puskesmas kecamatan, Yudi mengatakan Pemkot Jaksel juga menyiapkan satu gerai vaksin booster kedua di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

"Untuk saat ini pemberian vaksin booster dosis kedua diutamakan untuk lansia dan tenaga kesehatan," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat lanjut usia di atas 60 tahun dan tenaga kesehatan untuk segera mendapatkan vaksin booster dosis kedua karena saat ini penularan COVID-19 kembali meningkat.

Budi mengatakan saat ini tingkat penularan kasus COVID-19 sedang naik. Sebanyak 74 persen pasien COVID-19 yang masuk rumah sakit dengan gejala sedang dan berat belum mendapat vaksin penguat.

Baca juga: Presiden Jokowi dapatkan vaksinasi COVID-19 "booster" kedua

Selain itu, sebanyak 84 persen untuk kasus pasien COVID-19 yang meninggal dalam gelombang terakhir juga belum mendapat dosis penguat.

Karena itu, Budi mengingatkan agar masyarakat segera mendaftar untuk memperoleh vaksin penguat. Saat ini masyarakat yang menerima dosis penguat baru 66 juta orang dari target 234 juta.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan meskipun berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level satu.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti juga meminta masyarakat melindungi diri agar terhindari dari COVID-19 dengan vaksin booster di fasilitas kesehatan.

Baca juga: Reisa: Booster kedua tekan keparahan lansia hadapi COVID-19

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022