Cianjur (ANTARA) -
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyalurkan bantuan logistik untuk masyarakat Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang terdampak gempa bumi.
 
Adapun bantuan itu berisi sembako dan kebutuhan masyarakat yang mengungsi. Bantuan itu pun langsung diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur Cecep S Alamsyah di Pendopo Cianjur, Kamis.
 
"Dan ini juga kita ada personel yang membantu di lapangan dari ESDM," kata Arifin saat berbincang dengan Cecep.
 
Bantuan tersebut disalurkan ke Pendopo Cianjur karena lokasi Pemerintah Kabupaten Cianjur itu kini merupakan posko utama koordinasi tanggap darurat bencana gempa. Sehingga bantuan itu tersalur satu pintu ke Pendopo Cianjur untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat sesuai kebutuhan.
 
Sementara itu, Plt Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid mengatakan para personel dari Kementerian ESDM itu berasal dari lembaga-lembaga di bawahnya.
 
Antara lain, kata dia, personel dari subsektor minyak dan gas (Migas) yang tugasnya membantu menyiapkan kebutuhan masyarakat terdampak. Kemudian personel dari subsektor mineral dan batubara (Minerba) yang tugasnya membantu BNPB untuk evakuasi korban.
 
Lalu ada juga personel dari subsektor listrik yang tugasnya memastikan pelayanan listrik kepada masyarakat. Menurutnya tugas subsektor listrik itu dibantu dengan personel dari PLN.
 
"Bahkan kita juga menyiapkan motoris sewaktu-waktu, apabila terjadi hal-hal di tempat terisolir," kata dia.
 
Sementara itu, Sekda Kabupaten Cianjur Cecep S Alamsyah mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM yang terjun langsung dan membantu masyarakat Cianjur, baik secara fungsi Kementerian ESDM maupun kemanusiaan.
 
"Alhamdulillah banyak yang membantu, termasuk pak Presiden dua kali ke Cianjur, ini sangat berarti bagi kami untuk meringankan beban yang kami hadapi," kata Cecep.

Baca juga: Lampung salurkan bantuan dan relawan bantu korban gempa Cianjur
Baca juga: KKP kirim bantuan ikan hingga sembako ke korban gempa Cianjur

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022