Purwakarta (ANTARA) - Para kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyalurkan berbagai jenis bantuan untuk korban gempa di wilayah Cianjur.

"Kami menyalurkan bantuan berupa sembako untuk korban gempa di Cianjur, untuk membantu sedikit meringankan mereka," kata Ketua Apdesi Purwakarta Tatang Taryana di Purwakarta, Kamis.

Ia menyampaikan bantuan yang disalurkan ke lokasi gempa wilayah Cianjur itu di antaranya beras, mi instan, air mineral, kopi, dan biskuit.

Menurut dia, bantuan sembako yang disalurkan tersebut merupakan hasil patungan para kepala desa se-Purwakarta.

"Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap saudara yang mengalami musibah bencana gempa bumi di Cianjur," kata dia.

Baca juga: Al Irsyad Al Islamiyyah salurkan bantuan untuk korban gempa di Cianjur

Dia mengharapkan bantuan itu bisa bermanfaat bagi para korban gempa di wilayah Cianjur.

Sebagai sesama anak bangsa, pihaknya merasa terpanggil untuk membantu meringankan beban yang saat ini dirasakan oleh para korban gempa.

"Semoga bantuan yang tidak seberapa ini bisa bermanfaat bagi saudara kita. Semoga warga dan masyarakat Cianjur diberi kekuatan oleh Allah SWT dalam menghadapi cobaan itu," kata dia.

Bantuan yang disalurkan ke lokasi gempa di wilayah Cianjur dari Apdesi Purwakarta diberangkatkan pada Kamis, dilepas langsung oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dari kompleks Kantor Pemkab Purwakarta.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat gempa di wilayah Cianjur itu mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia. Selain itu, banyak bangunan rumah warga dan gedung perkantoran rusak.

Baca juga: UI kirim 12 mahasiswa bantu korban gempa Cianjur
Baca juga: Sumatera Selatan kirim beras dan obat untuk korban gempa di Cianjur
Baca juga: Pemprov Jateng kirim bantuan untuk korban gempa Cianjur

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022