Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mengirimkan 1,5 hingga 2 ton rendang untuk membantu kebutuhan logistik masyarakat terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat.

"Kita terus menghimpun bantuan berupa rendang dari berbagai pihak untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak gempa Cianjur. Mudah-mudahan bisa terkumpul 1,5 sampai 2 ton," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi di Padang, Kamis.

Ia mengatakan hari ini akan langsung mendistribusikan rendang yang sudah terkumpul ke lokasi bencana. Sisanya akan dikirimkan saat bantuan telah terkumpul semua. "Kita bergerak cepat untuk memberikan bantuan ini," katanya.

Baca juga: Pemkab Dharmasraya masak satu ton rendang untuk Cianjur

Bantuan rendang itu diharapkan bisa sampai di lokasi pada Jumat sore atau malam dan langsung diserahkan pada masyarakat atau Pemprov Jawa Barat.

"Kita akan koordinasikan apakah langsung disalurkan pada masyarakat atau lewat pihak berwenang di Jabar," katanya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Jumaidi mengatakan pengumpulan rendang untuk bantuan tersebut, dilakukan sejak Selasa (22/11) atau satu hari setelah bencana.

"Hingga tadi malam sudah terkumpul 599 kilogram rendang. Masih banyak yang konfirmasi untuk membantu, namun belum diantar ke posko di BPBD," katanya.

Baca juga: Semen Padang serahkan 100 kilogram rendang untuk korban gempa Cianjur

Baca juga: Sumatera Selatan kirim beras dan obat untuk korban gempa di Cianjur


Selain rendang dari partisipasi masyarakat, BPBD Sumbar juga membuat 40 kilogram rendang untuk dikirimkan ke Cianjur. "Awalnya kita berniat beli sudah, namun ada usul agar bisa lebih banyak rendangnya dimasak sendiri. Akhirnya ibu-ibu Dharma Wanita BPBD bergotong royong membuat 40 kilogram rendang untuk dikirim ke lokasi bencana," katanya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi bahkan ikut memasak rendang tersebut bersama tim dari BPBD.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022