Padang (ANTARA) - Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Aristo Munandar meminta PMI Kabupaten/Kota untuk menggalang donasi di daerah masing-masing untuk membantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

"PMI siap menjadi wadah penyaluran donasi dari warga Sumatera Barat untuk masyarakat Cianjur yang terdampak gempa," katanya di Padang, Kamis.

Ia mengatakan untuk respon awal PMI Sumbar akan membuka saluran donasi dalam bentuk dana. PMI kabupaten dan kota juga diminta untuk menggalang donasi sendiri.

Selanjutnya, PMI Sumbar akan melakukan koordinasi dengan PMI Pusat dan PMI Provinsi Jawa Barat terkait realisasi bantuan yang nantinya akan disalurkan.

Baca juga: Sumbar kirim 1,5 ton rendang untuk korban gempa Cianjur

Baca juga: PT Timah-Satgas BUMN salurkan pangan korban gempa Cianjur


"Kita akan lihat apa yang bisa kita bantu. Apakah cukup dengan bantuan berupa dana atau perlu mobilisasi relawan dan lainnya," kata Aristo.

Ia mengajak masyarakat Sumbar untuk ikut berdonasi membantu meringankan beban penderitaan warga penyintas bencana gempa bumi di Cianjur.

Donasi melalui PMI dapat disalurkan melalui rekening donasi PMI Provinsi Sumatera Barat (Bank Nagari 2100.0230.00080-5 / a.n PMI Provinsi Sumbar).

Aristo menambahkan gerak cepat yang diambil oleh PMI Sumbar itu untuk merespon perintah Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Muhammad Jusuf Kalla yang meminta layanan serta distribusi bantuan dari PMI dipercepat.

Sebelumnya Ketua Umum PMI, Muhammad Justru Kalla (JK) bertolak dari Jakarta menuju lokasi bencana gempa bumi. Ia bersama jajaran Pengurus PMI Pusat meninjau pengungsian di RT 02/011 Kampung Nabrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.

Mantan Wakil Presiden RI ini mengunjungi warga dan membuka dialog bersama masyarakat yang terdampak. JK meminta agar masyarakat tetap waspada dan mengikuti himbauan relawan apabila terjadi gempa susulan.*

Baca juga: Semen Padang serahkan 100 kilogram rendang untuk korban gempa Cianjur

Baca juga: Wapres serukan salat gaib untuk korban gempa Cianjur

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022