Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat mengirimkan 15 tenaga medis untuk membantu penanganan kesehatan bagi masyarakat yang sakit maupun menjadi korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

"Yang dikirimkan ke Cianjur tiga dokter, kemudian dibantu tenaga medis lainnya, jumlahnya 15 orang, semua sudah diberangkatkan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Satria Budi di Garut, Kamis.

Ia menuturkan pemerintah daerah langsung bergerak menyiapkan bantuan setelah mendapatkan laporan adanya gempa bumi mengguncang Cianjur yang menyebabkan kerusakan infrastruktur dan korban jiwa.

Bantuan yang dikirim ke Cianjur, kata dia, di antaranya logistik untuk kebutuhan pangan masyarakat, kemudian bantuan tenaga dengan menerjunkan sejumlah personel dari BPBD Garut dan instansi lainnya.

Baca juga: PMI Sumbar galang donasi bantu korban gempa Cianjur

Baca juga: Sumbar kirim 1,5 ton rendang untuk korban gempa Cianjur


Termasuk, tenaga medis dari Garut juga dikirimkan ke Cianjur untuk membantu penanganan kesehatan masyarakat yang sakit maupun yang mengalami luka-luka akibat bencana gempa bumi.

"Di sana tentunya membutuhkan tenaga medis, untuk itu kita bantu, begitu juga kita siapkan obat-obatan, dan tujuh ambulans," katanya.

Ia berharap bantuan kemanusiaan yang dikirim ke Cianjur bisa mempercepat proses pemulihan, dan juga bisa memberikan pelayanan di tengah kondisi masyarakat yang sangat membutuhkan penanganan kesehatan.

"Di sana masih banyak (korban), masih banyak yang belum ditemukan, dan butuh penanganan, perlu tenda juga, karena rumah sakit penuh," katanya.

Sebelumnya, hari pertama kejadian bencana gempa bumi di Garut, Pemkab Garut sudah lebih dulu mengirimkan Taruna Siaga Bencana, kemudian Kepolisian Resor Garut mengirimkan Satuan Samapta yang sudah terlatih dalam pencarian dan pertolongan.

Selain itu, paket kebutuhan pangan juga sudah dikirimkan ke Cianjur untuk membantu meringankan beban masyarakat yang menjadi korban bencana gempa.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 pada Senin siang terjadi di barat daya Kabupaten Cianjur menyebabkan kerusakan rumah dan bangunan di wilayah Cianjur, juga menimbulkan banyak korban jiwa dan luka-luka.*

Baca juga: PT Timah-Satgas BUMN salurkan pangan korban gempa Cianjur

Baca juga: Semen Padang serahkan 100 kilogram rendang untuk korban gempa Cianjur

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022