Karena adik-adik kita sulit bertanding di luar negeri karena belum ada poin peringkat, jadi harus mulai dari dalam negeri
Jakarta (ANTARA) - Turnamen nasional bertajuk Rajawali Women's Tennis Open 2022 akan berlangsung di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence Jakarta pada 28 November hingga 4 Desember 2022.

Kejuaraan tenis khusus putri yang menggandeng Rajawali Sport, Pengurus Pusat lawn tenis Indonesia (PP Pelti) dan Women in Sport National Olympic Committee (WINS NOC) Indonesia itu menyediakan total hadiah Rp100 juta.

"Event putri yang jarang atau kurang diadakan akhir-akhir ini perlu dilakukan untuk atlet-atlet putri menuju jenjang SEA Games Kamboja yang tidak lama lagi yakni pada bulan Mei," ujar Direktur Turnamen Susan Soebakti dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Priska Nugroho menangi gelar tunggal ITF W25 Traralgon

Susan mengatakan pendaftaran turnamen yang akan ditutup Kami malam ini mendapat animo yang cukup besar dengan 40 peserta yang telah mendaftar. Sejauh ini, Fitriana Sabrina (21). yang bertengger di peringkat lima nasional menjadi pendaftar dengan peringkat tertinggi.

Selain tunggal, turnamen tersebut juga akan mempertandingkan nomor ganda untuk menjaga kekompakan para pemain dalam menghadapi turnamen multievent yang akan datang.

Dua punggawa tim tenis putri Indonesia di SEA Games Vietnam 2021, Fitriani Sabatini (21) dan Novela Rezha Millenia Putri (23) telah memastikan berpartisipasi di turnamen ini, baik di nomor tunggal maupun ganda.

Fadona Titalyana Kusumawati (22), anggota tim Piala Billie Jean King Indonesia, juga akan meramaikan persaingan merebut gelar terbaik Rajawali Women’s Tennis Open 2022.

Turnamen penutup tahun tersebut menyediakan 32 slot Main Draw (babak utama) tunggal yang terdiri atas 20 Direct Acceptance, empat Wildcard dan delapan Qualifier (kualifikasi).

Sedangkan untuk ganda tersedia 32 tempat Babak Utama, meliputi 10 Direct Acceptance, dua Wildcard dan empat peserta yang lolos dari babak kualifikasi.

Babak kualifikasi tunggal Rajawali Women’s Tennis Open 2022 akan berlangsung mulai Senin, 28 November 2022. Sedangkan babak utama nomor tunggal bergulir mulai Rabu, 30 November 2022.

Baca juga: Jessy Rompies sabet gelar ganda ITF W60 Tokyo

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari berharap turnamen tersebut dapat mencetak atlet yang dapat menciptakan sejarah baru bagi Indonesia.

"NOC Indonesia membuka diri membangun komunikasi dengan kanal-kanal internasional untuk jika diperlukan bekerjasama dengan NOC lain untuk memajukan tenis," kata Raja Sapta.

Hal senada juga diungkapkan legenda tenis putri Indonesia Yayuk Basuki yang berharap turnamen tersebut dapat menjadi awal mula kebangkitan petenis putri Indonesia. Terlebih, menurut dia, pertandingan putri sangat jarang diadakan.

"Mudah-mudahan kita bisa melihat petenis-petenis yang andal yang membanggakan. Ini mudah-mudahan menjadi persiapan menuju multievent, dan mudah-mudahan women circuit akan mengikuti," ujar Yayuk.

"Karena adik-adik kita sulit bertanding di luar negeri karena belum ada poin peringkat, jadi harus mulai dari dalam negeri. Saya sangat mendukung event-event serupa ke depannya," imbuhnya.

Selain memperebutkan total hadiah uang sebesar Rp100 juta, Rajawali Women’s Tennis Open 2022 sebagai salah satu Turnamen Diakui PP Pelti (TDP) juga memberikan poin peringkat nasional Indonesia (PNP).

Peserta turnamen juga berkesempatan mendongkrak poin Universal Tennis Rating (UTR) yang berlaku secara internasional.

Baca juga: Aldila Sutjiadi tembus top 50 dunia usai juarai ganda WTA 125 Colina

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022