Kendari (ANTARA) - Ratusan personel Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan aksi sosial menggalang dana dalam rangka membantu korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kepala Bidang Humas Polda Sultra Kombes Pol Ferry Walintukan dalam keterangan tertulisnya diterima di Kendari, Kamis, mengatakan bantuan dana dari kantong pribadi para personel Polda Sultra merupakan bukti kepedulian anggota Polri untuk meringankan beban para korban gempa bumi di Cianjur yang kini hidup di pengungsian.

"Kita turut prihatin kepada para korban gempa bumi di Cianjur. Semoga sumbangan dari personel Polda Sultra dapat membantu saudara-saudara kita di Cianjur yang terdampak bencana gempa bumi," kata Ferry.

Baca juga: Helikopter polisi salurkan bantuan gempa Cianjur ke wilayah terisolir

Penggalangan dana dilakukan usai pelaksanaan apel pagi di lapangan apel presisi Polda Sultra. Ratusan personel Polda Sultra dari jajaran satuan kerja memberikan sumbangan sukarela guna meringankan beban korban gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Menurut dia, aksi sosial tersebut penting dilakukan karena korban gempa yang hidup kini di pengungsian dalam keterbatasan, sebab rumah mereka luluh lantak akibat gempa.

Dia berharap sumbangan dari personel Polda Sultra dapat meringankan beban korban gempa bumi di Cianjur.

Baca juga: Tim Divisi Humas bawa bantuan Kapolri untuk korban gempa Cianjur

Menurut dia, hingga saat ini Mabes Polri telah mengirimkan bantuan food truck dari Korps Brimob untuk menyediakan makanan bagi para pengungsi serta menerjunkan tim trauma healing bagi anak-anak yang menjadi korban gempa.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 272 korban meninggal dunia pada hari keempat pascabencana gempa bumi dengan magnitudo 5,6 yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11) siang.

Dari 272 korban meninggal itu, sebanyak 165 jenazah di antaranya sudah teridentifikasi identitasnya, sehingga masih ada 107 jenazah yang identitasnya masih diverifikasi.

Baca juga: Polri salurkan 1.000 selimut dan 300 kasur lipat ke Cianjur

Selain itu, sebanyak 39 korban masih dalam pencarian.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022