Manado (ANTARA) - Executive General Manager KCU Manado, Alexander Nitalessy mengatakan bantuan sosial (bansos) mulai disalurkan untuk 160.841 keluarga penerima manfaat yang tersebar di 15 kabupaten dan kota.

"PT Pos diberikan tugas oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial menyalurkan dana bantuan sosial," kata Nitalessy di Manado, Kamis.

Ada tiga jenis bansos yang akan disalurkan, pertama Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT-BBM) tahap kedua masing masing penerima mendapatkan sebesar Rp300 ribu untuk bulan November dan Desember.

Kedua, bantuan sosial sembako triwulan keempat masing keluarga penerima manfaat menerima Rp200 untuk tiga bulan.

Baca juga: Pemprov Jawa Barat siapkan subsidi BLT pekerja terdampak resesi

Baca juga: Pemkab Kudus siap gelontorkan dana BLT untuk 5.460 warga miskin


Ketiga, bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) triwulan empat dengan nilai yang bervariasi, jelasnya.

"Jadi ada keluarga penerima manfaat yang menerima dua atau tiga jenis bantuan, tergantung dari bantuan yang diterima. Total bantuan sosial yang akan disalurkan PT Pos di Sulawesi Utara sebesar Rp191,97 miliar lebih untuk 160.841 keluarga penerima manfaat," ujarnya.

Dia mengatakan sebelumnya pemerintah mempercayakan PT Pos untuk menyalurkan bantuan untuk PKH, tetapi kemudian dialihkan ke Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) seperti Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI.

"Terakhir pemerintah melalui Kementerian Sosial kembali mempercayakan PT POS untuk menyalurkan bantuan PKH ini," kata Nitalessy.

Dia berharap, keluarga penerima manfaat menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk verifikasi seperti Kartu Tanda Penduduk untuk kelancaran proses penyalurannya.*

Baca juga: Pemkot Surabaya tuntaskan penyaluran BLT pengemudi angkutan umum

Baca juga: 4.119 pelaku UMKM Kota Probolinggo terima BTT-BLT dampak kenaikan BBM

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022