Diharapkan pukul 09.00 sudah kosong baru kemudian dimulai Etape III Tour de Siak 'Pekanbaru City Race
Pekanbaru, (ANTARA) - Gubernur Riau, Syamsuar memastikan balap sepeda "Tour de Siak" tidak akan mengganggu aktivitas "Car Free Day" (CFD) atau hari bebas kendaraan Minggu pagi di Kota Pekanbaru pada 4 Desember mendatang.

Hari tersebut bertepatan dengan salah satu etape pada lokasi CFD di Jalan Sudirman yang juga dilewati pebalap, yakni Etape III keliling Kota Pekanbaru sebanyak tiga putaran.

"Tetap tak mengganggu CFD karena ini sampai pukul 09.00 WIB, setelah itu tak ada lagi. Diharapkan pukul 09.00 sudah kosong baru kemudian dimulai Etape III Tour de Siak 'Pekanbaru City Race'," kata Guernur Riau di Pekanbaru, Kamis.

Baca juga: Pebalap Tour de Siak mulai berdatangan ke Riau pada 29 November

Tour de Siak ke-8 kali ini dilaksanakan berbeda dengan yang sebelumnya yakni rutenya diperluas hingga ke Pekanbaru. Jika dulunya etape hanya di Siak, pada tahun ini akan melewati Kabupaten Pelalawan dan Pekanbaru dalam tiga etape.

Begitu juga dengan penyelenggaraannya kali ini dilakukan oleh Dispar Riau dan Siak. Sebanyak 13 tim sudah konfirmasi ikut terdiri atas delapan tim dalam negeri dan lima tim luar negeri yang berasal dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina

Untuk Etape I yakni "Siak City Race" keliling Kota Siak Sri Inderapura sebanyak lima putaran dengan jarak 85 kilometer. Permulaannya dari Istana Siak dan finis di depan Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafi"an Siak pada 2 Desember.

Keesokan harinya Etape II yakni Siak hingga Pekanbaru melewati Kabupaten Pelalawan sepanjang 130km. Rutenya Siak, Dayun, Km 11, Lubuk Dalam, Kerinci Kanan, Simpang Perak, Jalan Lintas Timur Sumatera di Pelalawan, Harapan Raya Pekanbaru dan finis di Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman.

Terakhir Etape III dilaksanakan balapan dalam Kota Pekanbaru sepanjang 120 kilometer sebanyak tiga putaran. Mulai dari Kantor Gubernur Riau, Jembatan Siak IV, Rumbai, Jalan Paus, Simpang Bingung, Jalan Riau Ujung, Soekarno-Hatta, Arifin Achmad, dan Sudirman.

"Efek dari event ini diharapkan bertambah kunjungan wisatawan mancanegara, karena pesertanya ada dari luar negeri. Juga menggerakkan usaha mikro kecil menengah, pasti ada perputaran uang dari luar Riau dan luar negeri," ujar Syamsuar.

Baca juga: Lima tim luar negeri bakal ikuti Tour de Siak 2022
Baca juga: Riau siapkan Tour de Siak berlangsung November

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022