Jakarta (ANTARA) - Pakar pendidikan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Agus Sartono mengatakan guru berperan sangat penting dalam mengoptimalisasi proses pembelajaran guna mendukung transformasi pendidikan di era digital.

"Guru berperan penting dalam memfasilitasi proses pembelajaran agar lebih optimal," kata Agus Sartono saat dihubungi dari Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan bahwa selama beberapa tahun terakhir telah terjadi perubahan yg sangat cepat akibat revolusi industri 4.0.

"Pemanfaatan teknologi informasi telah mengubah lanskap pelayanan publik, bisnis dan tidak terkecuali bidang pendidikan," katanya.

Agus Sartono yang pernah menjabat sebagai Deputi bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) itu mencontohkan, selama masa pandemi guru didorong untuk bertransformasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

"Dengan demikian menjadi sangat penting penguasaan atau kompetensi digital karena metode pembelajaran saat ini banyak memanfaatkan media digital," katanya.

Karena itu Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November, kata dia, perlu menjadi pengingat mengenai pentingnya kompetensi digital bagi guru.

"Pada saat sumber pembelajaran sekarang ini tersedia sangat beragam. Guru perlu menjadi 'partner' dan harus mampu menginspirasi serta mendorong para siswa agar mampu mengoptimalkan talentanya," katanya.

Sementara itu, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) juga menekankan pentingnya peningkatan kompetensi digital bagi guru.

Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Aris Darmansyah Edisaputra mengatakan bahwa era teknologi digital yang berkembang pesat menjadi tantangan di bidang pendidikan yang perlu menjadi perhatian utama.

"Perkembangan teknologi yang begitu masif mengingatkan pentingnya bersikap adaptif, kreatif dan inovatif melalui peningkatan kompetensi digital guna makin mengoptimalkan penyelenggaraan pendidikan," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa guru memiliki yang sangat penting dalam sektor pendidikan karena kualitas pendidikan bisa ditentukan oleh standar kualitas tenaga pengajar.

Baca juga: Kemenko PMK tekankan pentingnya kompetensi digital bagi guru

Baca juga: Kemenko PMK: Guru berperan penting dalam program pembangunan SDM

 

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022